Pemprov DKI Jakarta Berupaya Wujudkan Kualitas Udara Bersih Tanpa Polusi

Jakarta,Perpek Media– Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya dalam mewujudkan kualitas udara yang bersih tanpa polusi. Beragam cara dilakukan mulai dari menggelar gerakan uji emisi gratis kendaraan bermotor sebagai langkah perawatan kendaraan bermotor, memanfaatkan transportasi umum hingga mengkampanyekan penggunaan sepeda dalam aktifitas keseharian.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, beragam upaya dapat dilakukan masyarakat dalam mewujudkan kualitas udara bersih tanpa polusi. Mulai dari rajin merawat kendaraan bermotor, memanfaatkan moda transportasi umum, hingga bersepeda dalam aktifitas keseharian.

“Gerakan ini (uji emisi) merupakan salah satu upaya menciptakan udara bersih di langit biru Jakarta. Selain itu upaya lainnya bisa memanfaatkan moda transportasi umum dan bersepeda dalam aktifitas keseharian,” kata Ali, saat ditemui di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara, Kamis (9/7/20)

Disarankannya, pemilik wajib merawat berkala mesin kendaraan bermotornya. Tidak menggunakan bahan bakar berkadar timbal tinggi sehingga dapat mengurangi pencemaran udara.

Bila tidak mendesak, masyarakat juga disarankan untuk memanfaatkan moda transportasi umum. Selain mengurangi pencemaran udara, upaya itu dipastikan dapat mengurangi angka kemacetan di sejumlah ruas jalan.

“Penggunaan moda transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara. Apabila terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi rajin-rajinlah servis kendaraan berkala sesuai jadwal. Gunakan bahan bakar yang timbalnya minim sehingga minim pencemaran udara,” jelasnya.

Dipastikannya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara juga kian menggencarkan kampanye bersepeda dalam aktivitas keseharian. Terutama jika jarak tempuh dekat dan tidak dalam waktu mendesak.

“Upaya mengurangi polusi udara juga bisa menggunakan sepeda untuk jarak tempuh dekat dan sepeda listrik untuk jarak jauh. Mari sama-sama kita berupaya dalam mewujudkan kualitas udara Jakarta bersih tanpa polusi,” tutupnya.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *