Budaya Tionghoa, Arab Dan Barat Bersatupadu Untuk Mewariskan Pakaian Adat Betawi, Keren!

Jakarta, Perpek Media – Buat yang belum tahu uniknya pakaian adat Betawi , yuk kita kenali ragam pakaian adat Betawi sebagai berikut!,
Dandanan Care Haji dan Dandanan Care None Pengantin Cine adalah tata cara baju adat yang berasal dari DKI Jakarta. Pakaian adat Betawi yang dikenakan para pengantin merupakan pakaian yang merupakan hasil. perpaduan antara budaya Tionghoa, Arab dan Barat.

Baju Koko ternyata menjadi nama baju khas Betawi dengan nama Baju Sadariyah. Baju ini lebih ke baju koko yang polos ya, bukan yang bermotif. Kemudian penampilan Abang None Betawi dilengkapi dengan kain sarung khas Betawi. Pakaian adat Betawi ini secara sadar sudah menjadi pakaian nasional.

Ada Dua pakaian adat Betawi untuk Lelaki dan Perempuan, Untuk baju adat laki-laki, ada baju koko adat Betawi yang biasa disebut dengan Sadariah, biasanya berwarna putih polos, kalau kamu sering lihat drama yang menceritakan kehidupan warga Jakarta asli, pasti sudah tidak asing dengan celana batik Betawiya, ada juga sorban atau selendang, ini adalah kain yang diletakkan di pundak atau dikalungkan pada leher Tidak ketinggalan, kopiah atau peci berbahan beludru biasanya berwarna hitam atau merah.

Buat perempuan, ada kain sarung batik Betawi dengan warna cerah, Motifnya mulai dari geometri, ondel-ondel, bunga, sampai penari Yapong, tidak ketinggalan, kerudung polos yang ditaruh secara sederhana di kepala, menariknya, mix and match warna kerudung sering kali bertabrakan dengan kebaya, tapi tetap manis untuk dilihat.

Nah untuk pakaian bangsawan dulu ternyata di pakai juga untuk adat Betawi, pakaian bangsawan yang disebut Baju Ujung Serong, mirip jas, kini baju ini tak lagi untuk bangsawan dan jadi pakaian resmi Untuk pernikahan.

Asik ya kalau kita lebih mengenal dan sudah tau, ternyata pakaian Adat Betawi itu adalah pakaian yang dimana dulunya hasil dari sebuah perpaduan budaya Tionghoa, Arab dan Barat, Keren!.

(Dedi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *