Bank Sampah Citra Indah Tingkatkan Ekonomi Warga dan Lingkungan Hidup

Jakarta, Perpek Media – Bank Sampah Citra Indah di Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara resmi beroperasi. Selain dapat meningkatkan perekonomian warga, beroperasinya bank sampah dinilai dapat mengatasi permasalahan lingkungan hidup di pemukiman warga.

Camat Kelapa Gading Wawan Harmawan mengatakan, Bank Sampah Citra Indah yang didirikan warga ini memiliki nilai ekonomis. Apalagi di saat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, warga dapat mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil pemilahan sampah.

“Walau memang hasil tidak banyak, tapi di tengah situasi ekonomi saat pandemi itu pasti berarti untuk keluarga. Ingat kata pepatah, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit,” kata Wawan saat dikonfirmasi, Rabu (15/7).

Tak hanya itu, dijelaskannya bank sampah ke-35 yang berada di Kecamatan Kelapa Gading dapat mengatasi permasalahan lingkungan hidup. Apalagi, bank sampah ini berlokasi di bantaran Kali Cakung Lama

“Dengan melakukan pemilahan sejak dari rumah, volume sampah yang dibuang pun akan semakin berkurang,” jelasnya.

Lurah Pegangsaan Dua, Suci Cinthya Pola Putri menerangkan, Bank Sampah Citra Indah RW 03 merupakan unit ke lima berdiri di lingkungan permukiman. Keberadaannya dij kawasan bantaran Kali Cakung Lama diharap mampu berkontribusi terhadap kebersihan kali.

“Dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, hasilnya kita berharap kebersihan kali sehingga bisa meminimalisir sumbatan yang berpotensi memicu genangan,” tutupnya.

(Maya hasan)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *