Kelurahan Pondok Kelapa Panen 6 Kg Bayam Hasil Urban Farming

Jakarta, Perpek Media – Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur melakukan panen bayam hasil urban farming (pertanian perkotaan) yang ditanam sejak pertengahan bulan Juni 2020 lalu.

Dilansir dari timur.jakarta.go.id, Lurah Pondok Kelapa, Siska Leonita, mengatakan, sebanyak 6 kilogram bayam berhasil dipanen dari yang dikelola kader Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Hasil panen tersebut didapat setelah mendapatkan pelatihan dan sarana tanam dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur.

“Ini panen yang ketiga dan berhasil memanen 6 kilogram bayam. Selanjutnya bayam dijual kepada warga,” katanya di lokasi, Jumat (17/7/2020).

Dijelaskan Siska, keberadaan urban farming di Kelurahan Pondok Kelapa ini sekaligus tempat edukasi warga untuk bercocok tanam di area lahan terbatas. Sebab, penanaman bisa menjadi langkah kontribusi dalam menghijaukan lingkungan serta ketahanan pangan.

Dari panen ini, Siska berharap para kader PKK untuk tetap semangat dalam budi daya tanaman hidroponik sebagai pemenuhan kebutuhan sayur mayur bagi masyarakat. Terlebih saat ini, dalam masa pandemi COVID-19.

“Tanaman hidroponik dikenal dengan kualitas yang bagus dan sehat karena tidak menggunakan pestisida sehingga aman untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Wakil Ketua Pokja III Tim Penggerak PKK Kelurahan Pondok Kelapa, Widyaningsih, menambahkan, selama ini hasil panen dijual ke masyarakat. Adapun hasil penjualan digunakan untuk pembelian pupuk dan perawatan area urban farming.

“Alhamdulillah, sudah tiga kali ini berbagai jenis sayuran dapat berhasil di panen. Kedepan akan lebih semangat lagi untuk bertanam tanaman sayuran jenis lainya,” pungkas Widyaningsih. (*)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *