Microsoft Merilis Tampilan Antarmuka Yang Baru

Jakarta, Perpek Media – Microsoft telah merilis tampilan antarmuka office yang baru, dengan beberapa perubahan besar terhadap interface ribbon. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dengan memfokuskan pengguna pada pekerjaannya.

Pandemi mempengaruhi Microsoft yang akan mendesain Office di masa depan. Meskipun Microsoft baru merilis teasernya, versi Office yang baru sebagai bentuk adaptasi terhadap pandemi tentu layak untuk ditunggu.

“Gelombang perubahan UX selanjutnya pada Microsoft 365 akan bergerak lebih jauh dengan mengaburkan warna brand pada bagian header dan menambahkan perintah yang lebih adaptif,” jelas Jon Friedman, Corporate Vice President of Design and Research pada Microsoft.

“Anda akan bisa memindahkan toolbar disekitar layar, dimanapun yang dirasa akan berguna, dengan menggunakan pengungkapan yang bersifat progresif untuk mendapatkan perintah yang kontekstual.” tambahnya.

Menurut Jon Friedman, Perintah yang bersifat adatif ini akan menggantikan ribbon pada Office dengan toolbar yang bisa diletakkan dimana saja. Microsoft masih meneliti bagaimana interface ini akan diimplementasikan, namun beberapa desain yang sudah diluncurkan Microsoft hari ini baru akan keluar sekitar satu sampai 2 tahun lagi.

“Beberapa diantaranya baru akan rilis dalam waktu satu atau dua tahun lagi, sisanya masih dalam tahap penelitian,” jelas Friedman.

Microsoft  telah banyak berkembang dengan sistem Fluent Design sejak beberapa tahun terakhir, dari menambahkan ikon, menambahkan mode gelap, mengatur toolbar ribbon sehingga lebih mudah digunakan.

Sejak software ini dikenalkan pada tahun 2007, Microsoft terus berupaya menyederhanakan tampilan ribbon-nya pada versi mobile dan web. Selain itu, Desain baru yang dikeluarkan tentunya menjadi langkah besar untuk aplikasi tersebut.

Perubahan lain adalah penambahan ikon aplikasi pada bagian atas untuk menandai aplikasi Office mana yang sedang digunakan. Microsoft juga akan mensentralisasi kolom pencarian dan perintah. Microsoft telah menggunakan interface serupa pada Office selama beberapa tahun belakangan dan fitur ini dipasang juga pada Microsoft Teams.

Penyederhanaan, pengurangan distraksi, serta fokus pada pengembangan aplikasi mobile dan web menjadi arah yang dituju Microsoft dengan interface Office-nya yang baru. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *