Nasib Klepon Yang Mendadak Viral, Berikut Cara Membuatnya

Jakarta, Perpek Media – Beredar meme bergambar klepon yang membuat heboh dunia media sosial, “Kue klepon tidak islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami”  tulis meme yang bergambar klepon tersebut.

Benarkah demikian adanya, lantas dimana tokonya? Bukankah pada umumnya seorang yang berjualan di media sosial biasanya meninggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Dengan rasa penasaran, Tim Perpek Media mencoba untuk menelusuri.

Terungkap, salah satu halaman facebook Indonesian Hoaxes telah menjelaskan kebenarannya “Berdasarkan hasil penelusuran, klaim ini tidak memilik dasar yang kuat dan terkesan hanya klaim yang dibuat dengan tujuan untuk memancing keributan di media sosial. Beberapa warganet bahkan melakukan upaya pencarian terhadap nama ‘Abu Ikhwan Aziz” seperti yang tertera di gambar tersebut, namun hasilnya tidak ada”. Imbuhnya.

“Foto kue klepon yang digunakan di gambar tersebut, aslinya dalah foto milik Pinot Dita, yang mengunggah foto tersebut di situs flickr.com pada 16 September 2008. Foto tersebut diberi narasi [Indonesian Food] Klepon – Sweet Rice Balls Stuffed with Coconut Sugar”, tambahnya.

“Selain itu, kue klepon sendiri adalah salah satu produk yang sering didaftarkan di LPPOM MUI oleh beberapa produsen untuk mendapatkan sertifikat halal MUI”, lanjutnya.

Untuk diketahui, kue klepon sendiri adalah salah satu produk yang sering didaftarkan di LPPOM MUI oleh beberapa produsen untuk mendapatkan sertifikat halal MUI.

Nasib Klepon yang menjadi viral ini, sontak membuat geger warganet. Makanan tradisional yang bentuk-nya bulat bewarna hijau ditaburi parutan kelapa ini, merupakan jajajan yang digandrungi oleh semua kalangan. Cara membuatnya juga terbilang mudah.

Berikut bahan dan cara pembuatan Klepon:

Bahan

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 25 gram tepung sagu
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 175 ml santan hangat (dari 1/4 butir kelapa)
  • 25 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan)
  • 80 gram gula merah, cacah halus untuk isian

Bahan taburan Klepon

  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat klepon:

1. Parut dahulu kelapa, untuk taburan kelapa, dengan cara mencampur bahan dengan rata kemudian kukus di atas api sedang selama 20 menit sampai matang dan jangan terlalu panas apinya

2. Buat klepon dengan cara mencampir tepung ketan, tepung sagu, dan air kapur sirih, kemudian digulung dengan daun pisang yang dilumuri minyak supaya tidak lengket.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *