TMMD Ke-108 Resmi Ditutup, Dandim 1006/Mtp Serahkan 100% Hasil Kegiatan ke Bupati Banjar

Martapura, Perpek Media – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke-108 Kodim 1006/Mtp Tahun 2020  yang bejalan satu bulan telah berakhir. Hal ini ditandai dengan pernyataan penutupan oleh Dansatgas Letkol Arm Wibisono dilanjutkan penyerahan hasil TMMD kepada Bupati Banjar. Penyerahan dilakukan di Aula Kantor Bupati Banjar, Rabu (29/07/2020).

Menyikapi kondisi saat ini, ditengah wabah pendemik Covid-19, tidak mengurangi semangat momentum penutupan TMMD Ke-108 Kodim 1006/Mtp.

Hadir diacara tersebut, Kasrem 101 Antasari, Danlanal Banjarmasin, Dalanud Samsyudin Noor dan Danyonif 621/Maruntung, Bupati Banjar KH. Khalilurrahman, Kajari Kabupaten Banjar, Kapolres Kabupaten Banjar dan Kapolres Banjar Baru.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, yang juga Dansatgas TMMD Ke108 Kodim 1006/Mtp,  menyampaikan, TMMD adalah cermin budaya kita, di dalamnya ada nilai-nilai gotong-royong dan kerja sama yang harus dipertahankan dan terua ditingkatkan ditengah masyarakat kita.

“Tentu kita semua berharap bahwa semua sarana infrastruktur yang dibangun melalui program TMMD, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Banjar khsususnya desa Bi-ih untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya, ,” ucap Letkol Arm Siswo Budiarto, Rabu (29/07/20).

Namun, tanpa mengurangi esensi dari kegiatan TMMD yang telah dilaksanakan di tengah pandemi, dapat diselesaikan selama kurun waktu 30 hari dengan hasil yang memuaskan, termasuk  pembangunan fisik dan non fisik serta program tambahan dapat diselesaikan seratus persen.

Sekarang hasil TMMD diserahkan ke Pemkab Banjar, dan secara resmi TMMD Ke-108 Kodim 1006/Mtp Tahun 2020 ditutup secara resmi, “kata Dandim 1006/Mtp  Letkol Arm Siswo Budiarto, selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) TMMD Ke-108 Tahun 2020.

Menurut Dandim, sejumlah sasaran fisik diantaranya pembangunan jalan baru sepanjang 4779 meter di Desa Bi-ih, pembangunan 2 jembatan baik jembatan beton dan jembatan kayu, 6 titik box beton dan 7 titik gorong – gorong semuanya 100% selesai.

Untuk rehab Mushola, RTLH dan jambanisasi, ditambah program tambahan yaitu pembangunan tugu bundaran Durian, Alhamdulillah juga diselesaikan 100% oleh satgas TMMD Kodim 1006/Mtp.”kata Dandim.

“Kami bersama Pemkab Banjar dan unsur terkait lainnya sudah turun ke lokasi dan mengecek langsung sasaran fisik yang ada di sana. Alhamdulillah,  hasilnya cukup memuaskan artinya selesai 100% sesuai target yang ditentukan.

Dengan adanya TMMD yang ada di Desa Bi-ih, Kecamatan Karang intan, Kabupaten Banjar, kata Dandim lagi, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dan mengangkat taraf hidup masyarakat khususnya di Desa Bi-ih, ” ujarnya.

Seperti halnya pembangunan jalan baru yang panjangnya 4779 meter dengan keberadaan dua jembatan di sepanjang jalan baru tersebut, merupakan akses penting untuk menunjang kelancaran transportasi dan meningkatkan perekonomian warga di wilayah itu kedepannya.

Sebelumnya kondisi jalan sangat memprihatinkan, dan warga harus menghabiskan waktu hanya di jalanan untuk menuju ke tempat tujuan. Sekarang setelah jalan baru dibangun melalui program TMMD Kodim 1006/Mtp , maka jarak tempuh semakin singkat dan cepat sampai tujuan.”terang Dandim.

Dandim juga mengatakan Program TMMD ke-108 Kodim 1006/Mtp untuk mewujudkan pemerataan dan keseimbangan pembangunan di kawasan perdesaan serta memantapkan wawasan kebangsaan bagi masyarakat.

Dandim juga menyampaikan terima kasih kepada pemkab Banjar, seluruh Satgas TMMD Kodim 1006/Mtp dan warga Desa Bi-ih, serta beragam pihak yang membantu suksesnya program TMMD ke-108 di Desa Bi-ih.

Sementara itu, Bupati Banjar KH. Khalilurrahman, mengapresiasi kinerja Kodim 1006/Mtp yang telah sukses melaksanakan program TMMD  Ke-108 Tahun 2020 di Desa Bi-ih,  Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

“Terima kasih kepada satuan TNI khususnya Tim Satgas TMMD ke 108 Kodim 1006/Martapura dengan melakukan pembangunan fisik dan non fisik di wilayahnya.”kata Bupati.

“Alhamdulillah berkat program TMMD ke 108 masyarakat dapat merasakan manfaat yang luar biasa dalam pembangunan. Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banjar, mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Tim Satgas TMMD 108 Kodim 1006/Martapura yang telah berkontribusi dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Banjar,” kata bupati.

“Bahkan saya berharap TMMD terus dilaksanakan. Selain membantu mempercepat pembangunan infrastruktur daerah juga mewujudkan keharmonisan dan rasa kekeluargaan antara seluruh instansi baik TNI, Polri, dan sipil di wilayah Kabupaten Banjar,” pungkasnya. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *