Pedagang Keliling Bendera Merah Putih: Sambut HUT RI Ke- 75 Dengan Semangat Kemerdekaan

“Bendera negara mulai dikibarkan menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang”

Jakarta, Perpek Media – Dirgahayu HUT RI ke- 75 tinggal beberapa hari lagi, berdasarkan Pasal 7 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan disebutkan, bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus.

“Bendera negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri,” bunyi pasal 7 Ayat (3) Undang-undang Nomor 214 Tahun 2009.

Memasang bendera merah putih jelang peringatan 17 an, sudah menjadi tradisi disetiap tahun dengan semangat Kemerdekaan. Bendera negara mulai dikibarkan menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Dengan demikian, disetiap memasuki bulan Agustus pedagang bendera mulai menjajakan bendera merah putih, diantaranya keluar masuk mendorong gerobak di permukiman warga dengan berkeliling. Salah satunya ialah Rustakim yang sudah hampir 40 tahun menjadi pedagang bendera merah putih di Jakarta.

“Saya jualannya keluar masuk kampung, berkeliling” ujar Raskim saat ditemui team Perpek Media di wilayah Pasar Belek,  Sunter Agung Jakarta Utara. Senin (10/08/20).

Rustakim mengaku sudah hampir  40 tahun lamanya di Jakarta, setiap memasuki bulan Agustus ia dengan semangatnya yang luar biasa, mendorong gerobak sambil menawarkan ke masyarakat untuk membeli bendera merah putih yang ia bawa dengan gerobaknya.

Meskipun di bawah panasnya terik sinar matahari, tidak membuat ia patah semangat keliling kampung.

“HUT RI sebentar lagi, belum semua warga memasang bendera putih, saya mengajak masyarakat, agar membeli bendera merah putih, kemudian dipasang di rumahnya masing-masing untuk persiapan menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat Kemerdekaan” ungkapnya.

Untuk diketahui, UU Nomor 214 Tahun 2009 tersebut juga mengatur supaya pemerintah daerah memberikan bendera negara kepada warga yang tidak mampu. “Dalam rangka pengibaran bendera negara di rumah sebagaimana dimaksud pada ayat (3), pemerintah daerah memberikan bendera negara kepada warga negara Indonesia yang tidak mampu,” bunyi Pasal 7 Ayat (4) dari UU tersebut.

(Antoni)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *