Makna Gigi Balang Di Rumah Adat Betawi

Jakarta, Perpek Media – Melihat Rumah adat Betawi, bentuknya simpel dan sederhana. Rumah adat Betawi ini, namanya Rumah Bapang atau disebut Rumah Kebaya dengan bentuk dasar kotak. Seperti rumah huni pada umumnya, Rumah Bapang memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi, dapur, dan teras.

Bentuk bangunannya mendukung terciptanya ornamen-ornamen yang menjadi ciri khas pada arsitektur Betawi, salah satunya bermotif Gigi Balang dengan warna kuning dan hijau.

Gigi Balang bisa ditemukan di rumah-rumah penduduk betawi, tak hanya sebagai penghias bangunan, Gigi Balang memiliki falsafah dalam kehidupan masyarakat Betawi. Ornamennya berupa papan kayu bentuk segitiga dan bulatan, ornamen segitiga berjajar menyerupai gigi belalang diwarnai dengan warna hijau dan kuning yang memiliki makna tersendiri yang sangat mendalam.

Warna kuning melambangkan kehangatan, cerdik, dan berbakat dalam bisnis. Warna hijau melambangkan harmoni dari ragam Betawi yang bisa berkolaborasi dengan suku-suku lain.

Bentuk ornamen segitiga berjajar menyerupai Gigi Belalang melambangkan bahwa hidup harus jujur, rajin, bener, ulet, dan sabar.

Selain itu, bentuk Gigi Balang yang menjadi ciri khas Rumah Bapang, memiliki prinsip utama yang dipegang teguh oleh masyarakat Betawi asli. Belalang hanya bisa mematahkan kayu jika dikerjakan secara terus menerus dalam waktu yang  lama, namun secara keseluruhan bisa bermakna ‘pertahanan yang kuat,  dan keberanian. (Jie)

Dikutip dari berbagai sumber

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *