Inilah Ilmuwan Penemu Listrik Di Dunia

Jakarta, Perpek Media – Listrik memberikan kemudahan dalam perkembangan dunia teknologi, Seperti yang kita ketahui bahwa listrik memang begitu sangat penting sekali perannya disetiap aktivitas sehari-hari. Karena memang saat ini kebanyakan kegiatan bergantung pada energi listrik untuk menggunakan peralatan dan teknologi canggih.

Listrik merupakan salah satu aspek terpenting lain dalam kehidupan. Tanpa listrik, kita tidak akan dapat menikmati berbagai alat eletronik seperti menggunakan televisi, komputer, AC, atau barang elektronik lainnya.

Listrik tentu saja berawal dari kejadian kejadian dari para ilmuwan terdahulu. Kemudian penemuan tersebut dikembangkan untuk menjadi sebuah hal yang bermanfaat hingga saat ini.

Setiap hari kita selalu berhubungan dengan kegiatan atau peralatan yang menggunakan listrik. Namun, tau gak sih! siapa penemu listrik yang pertama kali?

Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan berikut seperti dikutip perpek.com dari berbagai sumber

Daftar Dua Nama Besar Penemu Listrik Di Dunia

Dalam materi ilmu pengetahuan alam yang dipelajari sejak sekolah dasar, kita tentu sudah mengetahui nama-nama ilmuwan yang terkenal akan penemuannya.

Untuk penemu listrik itu sendiri terdapat dua nama besar yang sangat berperan penting dalam mengubah dunia yang dahulunya gelap gulita menjadi terang.

Michael Faraday

Michael Faraday lahir di Newington Butts, Inggris pada tanggal 22 September 1791 dan meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris pada tanggal 25 Agustus 1867. Ilmuwan ini meninggal tepat di usianya yang ke 75 tahun.

Faraday semakin terkenal berkat karya besarnya dalam bidang ilmu kelistrikan dan magnet.

Eksperimen pertamanya ialah membuat sebuah konstruksi tumpukan volta dengan menggunakan 7 uang setengah sen yang ditumpuk dengan 7 lembaran sen, dan 6 lembar kertas basahan air garam.

Dari konstruksi ini ia berhasil menguraikan magnesium sulfat.

Selanjutnya, Faraday membuat sebuah terobosan baru saat ia melilitkan dua kumparan kabel yang terpisah.

Kemudian ia menemukan bahwa kumparan yang pertama akan dilalui oleh arus sementara kumparan kedua akan dimasuki arus. Inilah yang sampai sekarang dikenal dengan induksi timbal balik.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison lahir pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 tepat di umur 84 tahun.

Ia adalah seorang penemu sekaligus pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Alva Edison merupakan penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal dari proses penemuan.

Selama masa kecilnya, Edison selalu mendapatkan nilai jelek di sekolah sehingga ibunya memutuskan untuk memberhentikan ia dari sekolah dasar dan mengajar sendiri di rumah.

Di rumah, Edison kecil ternyata lebih leluasa untuk membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan eksperimen ilmiah sendiri.

Tepat di usianya yang ke 12 tahun, Edison mulai bekerja sebagai penjual koran, gula-gula, dan buah-buahan di kereta api.

Setelah itu, ia menjadi operator telegraf dan pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York, Edison diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di daerah tersebut.

Edison dipandang sebagai seorang penemu dan pencipta yang paling produktif pada masanya dan berhasil memegang rekor 1.093 paten atas namanya.

Beberapa penelitian terkenal yang telah dilakukan Thomas Alva Edison ialah: mendeteksi pesawat, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, kapal kamuflase, menaikkan kekuatan torpedo, dan masih banyak lagi. (Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *