Bolehkah Sebut Nama Seseorang Dalam Do’a, Agar Berjodoh dengan Pujaan Hati?

Jakarta, Perpek Media – Persoalan jodoh menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan, apalagi bagi kalangan muda-mudi yang sedang dalam penantian menemukan pasangan idaman, seperti mendambakan seseorang untuk menjadi jodoh dan berharap bisa menikah dengan pujaan hati. Pernahkah kamu berdoa atau menyebutkan namanya dalam doa agar dia menjadi jodoh kamu? Lalu, bolehkah berdo’a seperti demikian?

Berikut penjelasan, Sebut nama sseseorang dalam Do’a agar berjodoh seperti dilansir dari sahijab.com.

Menurut Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah video pendek di Youtube Semoga Berkah, jawabannya adalah boleh.

“Boleh, tidak ada larangan kalau ingin memohon kepada Allah, kemudian meminta, silakan,” kata ustaz Adi Hidayat.

Namun, ia menegaskan, untuk memastikan calon pendamping dengan benar, jika Anda laki-laki maka minta jodohnya perempuan, dan juga sebaliknya. Jangan sampai jodoh yang Anda minta justru bertentangan dengan ajaran Islam.

Lalu, adakah doa khusus untuk meminta jodoh? Jawabannya tidak ada. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam tidak pernah memberikan doa spesifik tentang jodoh. Tapi tenang, ada beberapa surah dalam Alquran yang bisa dikaitkan dengan jodoh.

3 doa untuk mendapatkan jodoh yang baik

Untuk mendapatkan jodoh, tentu tidak hanya berdoa saja, tetapi juga harus dengan usaha. Di antaranya adalah, dengan melakukan taaruf atau saling mengenal.

Beberapa ayat dalam Alquran, juga kerap dijadikan doa bagi muslim atau muslimah untuk dapat jodoh yang lebih baik. Berikut, di antaranya yang Sahijab kutip dari Mizan.

1. Surah Al-anbiya ​ayat 89

Ayat ini berawal dari kisah Nabi Zakaria yang tidak diberikan keturunan setelah hidup puluhan tahun dengan istrinya. Dan, ayat ini pun kemudian dikenal sebagai doa untuk meminta jodoh yang lebih baik.

Berikut bunyinya: “Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.”

2. Surah Al-Furqan ayat 74

Ayat yang satu in sering dilantunkan setelah salat, dan biasa digunakan sebelum berdoa. Atau mungkin biasa digunakan untuk berzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Berikut bunyinya: “Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun.”

Artinya: “Ya Tuhan kami,  anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

3. Surah Al-Qashash ayat 24

Doa terakhir ini diucapkan oleh Nabi Musa, dengan tafsir kata kebaikan yang disebut sebagai mendapatkan jodoh. Jodoh merupakan kebaikan yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala kepada hambanya.

Berikut bunyinya: “Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun.”

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

Amalan lain agar jodoh cepat datang

Selain berdoa setelah salat lima waktu, Anda juga harus melakukan amalan-amalan yang bisa mendekatkan dengan jodoh. Dikutip Sahijab dari Rislah, amalan-amalan berikut ini harus Anda lakukan, jika menginginkan jodoh datang dengan cepat. Apa saja?

1. Salat Tahajud

Salat yang dilakukan di sepertiga malam ini bisa mendekatkan kita kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dan doa kita juga akan mudah dikabulkan, jika diri kita lebih dekat kepada-Nya.

2. Salat hajat

Salat ini dilakukan karena satu tujuan tertentu agar Allah mengabulkan-Nya. Dan membaca doa-doa di atas setelah salat hajat sangat dianjurkan.

3. Menjaga wudhu

Terdengar sepele, tetapi wudhu justru menjaga kita selalu bersih baik pikiran maupun lahiriah. Wudhu akan membuat dan menjaga kita selalu bersih di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala.

4. Memperbaiki salat lima waktu

Pastikan salat lima waktu Anda jangan sampai bolong-bolong. Dan juga perbaiki waktu salat, selalu laksanakan salat di awal waktu dan berjamaah.

5. Menjaga silaturahim

Silaturahim selain menjaga hubungan kita dengan manusia, juga bisa memanjangkan umur dan mendekatkan dengan jodoh.

6. Tawakal dan berserah diri

Jika semua hal di atas telah kita lakukan, maka usaha terakhir adalah terus bertawakal dan berserah diri. Belum tentu apa yang kita inginkan baik di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala. Begitu juga sebaliknya. Selalu berbaik sangka dengan semua ketetapan Allah.

Semoga doa muslim dan muslimah dapat jodoh yang lebih baik bisa diamalkan, sehingga Anda diberikan jawabannya dengan segera. ***

*Sumber: sahijab.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *