Masjid Kasunyatan, Wisata Religi Kota Serang

Serang, Perpek Media – Masjid Kasunyatan terletak di Kampung Kasunyatan, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten menjadi tempat wisata religi yang belum banyak diketahui oleh publik.

Masjid Kasunyatan merupakan masjid pertama dan tertua di Propinsi Banten dan berlokasi di Desa Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Propinsi Banten.

Terdapat perbedaan pendapat dalam kapan pastinya masjid ini dibangun. Beberapa sumber informasi menyebutkan bahwa masjid ini dibangun pada masa kesultanan Hasanuddin, sebagian info lainnya menyebutkan bahwa masjid ini dibangun antara tahun 1552 sampai 1570 yaitu merupakan masa kesultanan Maulana Yusuf.

Pada saat awal masjid ini berdiri, masjid ini diberi nama masjid Al-Fatihah yang berarti pembuka. Saat masjid pertama kali didirikan, daerah tersebut merupakan daerah kekuasaan kerajaan Hindu, maka masjid Al-Fatihah disimbolkan sebagai pembuka syiar agama Islam di Banten.

Pada saat awal didirikan, masjid ini merupakan tempat para ulama atau para orang alim dari seluruh pelosok Indonesia untuk bertukar pikiran dan saling menimba ilmu pengetahuan. Sehingga dikatakan “Perguruan Tinggi Islam” pertama di Indonesia. Masjid tersebut didirikan oleh guru spiritual Maulana Muhamad yang bernama Kyai Dukuh.

Makam Sultan Maulana Yusuf di Kasunyatan dan Banten Lama di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Bahkan beberapa waktu lalu, Wali Kota Serang Syafrudin menjelaskan, dilakukannya ziarah bukanlah bagian dari sakral yang wajib.

Baca selengkapnya disini (KLIK)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *