Ketika Anak Bertanya Tentang Allah, Jawablah Seperti ini!

Oleh: Ustadz Saefudin Abdullah

Jakarta, Perpek Media – Biasanya ada 5 pertanyaan anak tentang Tuhan yang kadang kita bingung untuk menjawabnya:

Tanya 1: “Bu, Allah itu apa?”
Tanya 2: “Bu, bentuk Allah itu seperti apa?”
Tanya 3: “Bu, Allah itu ada di mana?
Tanya 4: “Bu kenapa Allah tidak bisa kelihatan?
Tanya 5: “Bu, kenapa kita harus nyembah Allah?”
Jika itu terjadi, jawablah seperti dibawah ini:

1. Bertanya : “Bu, Allah itu apa?”
Jawabannya:
“Nak, Allah itu adalah Yang Menciptakan segala-galanya. Langit, bumi, laut, sungai, batu, kucing, ikan, gajah, burung, semuanya, termasuk menciptakan nenek, kakek, ayah, ibu, juga kamu.” (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis)

Dalil syar’inya: “Dialah Allah Pencipta langit dan bumi…”( As-Syura:11)

2. Bertanya : “Bu, bentuk Allah itu seperti apa?”
Jawabannya:
“Adek tahu ‘kan, bentuk sungai, batu, gunung, singa, gajah.. nah, bentuk Allah itu tidak sama dengan apa pun yang pernah ade lihat.” (Ucapkan dengan menatap mata anak sambil tersenyum manis)

Dalil syar’inya: “…Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (As-Syura: 11)

3. Bertanya: “Bu, Allah itu ada di mana ?“
Jawablah begini :Nak, Allah itu sangat dekat dengan kita.
Allah itu selalu bersama orang yang baik yang saleh. Jadi, kekuasaan Allah selalu ada bersamamu di mana pun kamu berada.

Dalil syar’inya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat.(Q.S. Al-Baqarah (2) : 186)

4. Bertanya: “Bu, kalau Allah itu dekat, kenapa tidak terlihat?
Jangan dijawab karena Allah ghaib. Karena nanti kebayangnya kaya hantu, setan jin dsj. Tapi sebutkan saja justru karena saking dekatnya Allah SWT jadi kita tidak mampu melihatNYA. Boleh di simulasi dengan benda yang didekatkan sedekat-dekatnya ke mata anak, Maka betul gak dek, warna dan bentuk benda itu karena dekatnya jadi tidak terlihat oleh kita.

Dalil syar’inya: Dialah Allah, yang awal dan yang Akhir , yang Zhahir(jelas/tidak ghaib) dan Al-Bathin. (Al-Hadid : 3)

5. Bertanya: “Bu, kenapa kita harus ibadah kpd Allah?”
Jawablah begini :
Nak, kita menyembah Allah sebagai wujud bersyukur karena Allah telah memberikan banyak kebaikan dan kemudahan buat kita.

Dalil syar’inya: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu beribadah.”(QS al-Baqarah (2:172)

Semoga dengan jawaban-jawaban diatas kita bisa memberikan bekal konsep dasar ketuhanan yang benar menurut agama kita, yang dengannya semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang bertauhid, yg dimanapun, kapanpun dg siapapun senantiasa merasa diperhatikan Allah, yg akhirnya anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Aamiin. []

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *