Warga RW 03 Sunter Agung Jalani Tes Cepat Masal

Jakarta, Perpek Media – Ratusan warga dari Rukun Warga (RW) 03 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara menjalani tes cepat massal (rapid test), Rabu (7/10/20) Kegiatan ini digelar sebagai upaya aktif pencarian kasus baru atau active case finding (ACF) dalam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarko mengatakan, tes cepat massal digelar di kantor sekretariat RW 03. Diikuti sebanyak 105 warga sebagai upaya dalam pencarian kasus baru penyebaran Covid-19.

“Hari ini kami lakukan tes cepat massal di RW 03. Ada 105 warga yang ikut dari target 150 warga,” kata Danang saat dikonfirmasi, Rabu (7/10/20)

Dari 105 warga yang menjalani tes, dijelaskannya dua warga menunjukkan hasil reaktif pada alat rapid test hasil donasi Yayasan Budha Tzu Chi tersebut. Terhadap keduanya, petugas langsung melakukan tes usap (swab) untuk lebih memastikan penularan kasus tersebut.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan petugas Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dan kader kesehatan masyarakat. Ada dua warga yang hasilnya reaktif dan langsung dilakukan tes lanjutan (swab),” jelasnya.

Selain hari ini, dijelaskannya tes serupa akan digelar terhadap warga RW 01 pada Jumat (9/10/20) mendatang. Dengan upaya deteksi dini ini, penanggulangan penyebaran Covid-1 akan semakin cepat ditangani.

“Respon cepat deteksi dini ini agar kita semua dapat lebih cepat menanggulangi adanya penyebaran Covid-19,” tutupnya.

(Antony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *