Adem! Ada Posko Ala Rumah Adat Betawi di Jalan Sosial Gropet

Jakarta, Perpek Media – Sebagai bentuk melestarikan Seni Budaya Betawi, Posko kecil yang berada di Jalan Sosial, Kel. Wijaya Kusuma, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat, di dekorasi bergotong royong oleh Ormas Bang Japar dan para pemuda setempat seperti bentuk rumah adat betawi.

“Ini atas inisiatif Ormas Bang Japar dan pemuda setempat, agar para pengguna jalan setidaknya mengingat akan pentingnya salah satu dalam melestarikan seni budaya betawi” ujar Agus pemuda setempat dan Dancam Bang Japar Grogol Petamburan saat diwawancarai.

Hanya bertempelkan banner yang bergambar seperti rumah joglo (rumah adat betawi), dengan luas 4 meter x 1 meter, Agus mengatakan upayanya ini bersama para pencinta seni untuk mengingatkan warga setempat agar tidak lupa dengan seni budaya betawi di tengah zaman modernisasi.

“Kami juga telah membuat ondel-ondel sepasang, tapi gak ditaro disini. Kita sediakan dengan harapan biar warga kalau ada hajatan bisa menggunakannya” tambah Agus.

Posko sederhana yang disulap bagaikan rumah joglo oleh Ormas Bang Japar dan pemuda setempat, memberikan kesan tersendiri dan banyak yang untuk foto – foto oleh pengguna jalan yang melintas di Jalan Sosial yang berada di sekitaran Jalan Daan Mogot ini.

“Dengan adanya posko ala rumah joglo ini, cukup memanjakan mata, saat melintas bila kebetulan hujan bisa juga untuk berteduh” kata Amri salah satu warga.

Kini posko tersebut bagaikan daya tarik mengikat silaturahmi dengan tiga pilar sekaligus antar warga setempat, Banyak warga yang singgah untuk sekedar ngopi atau ngobrol-ngobrol.

“Posko ini untuk mengangkat Seni Budaya Betawi, ini baru awal pembangunan, nanti akan terus kita dekorasi agar terlihat lebih cantik lagi” terang Agus di Jakarta, Jumat, 09 Oktober 2020. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *