Kelurahan Sunter Jaya Persiapkan Kader RBM Korban Narkoba

Jakarta, Perpek Media – Kelurahan Sunter Jaya siapkan kader Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) untuk korban narkoba. Hal ini dilakukan setelah mendapatkan kunjungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta.

Sekretaris Kelurahan Sunter Jaya Eka Persilian Yeluma mengatakan Kelurahan Sunter Jaya baru saja menerima kunjungan BNN Provinsi DKI Jakarta.
“Dalam rangka melakukan kunjungan kerja monitoring dan evaluasi kinerja petugas RBM Kelurahan Sunter Jaya,” katanya, Senin (2/11).

Dengan kunjungan tersebut, Eka menambahkan BNN Provinsi DKI Jakarta ingin memastikan keberfungsian RBM untuk korban narkoba.

“Selain memastikan tidak adanya kendala pada kader RBM yang sudah ada, mereka juga berencana melakukan perekrutan kembali untuk kader-kader baru tahun depan. Untuk kadernya sendiri akan diambil dari petugas pengelola RPTRA atau Karang Taruna Sunter Jaya,” tambahnya.

Dengan bertambahnya jumlah kader, Eka berharap pencarian masyarakat korban narkoba akan lebih maksimal.

“Pembentukan kader ditujukan untuk mencari masyarakat korban narkoba yang secara sukarela atau memiliki niatan untuk sembuh. Mereka nantinya akan menjalani program rehabilitasi. Untuk korban ketergantungan yang tingkatnya masih rendah akan diberikan konseling, untuk yang sudah parah selain rehabilitasi juga akan mendapatkan rumah sakit rujukan dari BNN Provinsi. Semuanya gratis tanpa biaya,” terangnya.

Dengan berjalannya RBM korban narkoba di Kelurahan Sunter Jaya, BNN Provinsi DKI Jakarta akan menjadikan pilot project (percontohan) bagi penyelenggaraan RBM di wilayah Jakarta Utara ataupun Provinsi DKI Jakarta. (*/Maya)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *