Program Pembelajaran Jarak Jauh SMA Mekar Arum: Dari E-Learning Hingga Home Visit

Bandung, Perpek Media – Dalam mendukung upaya pemerintah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19, SMA Mekar Arum Cileunyi Kabupaten Bandung menyusun program belajar dari rumah secara matang dan melakukan berbagai inovasi kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan optimal.

Pembelajaran melalui Siaran Radio Pendidikan Barani 1116 AM

Penggunaan radio di bidang pendidikan pada zaman sekarang ini sudah jarang ini dilakukan. Dengan adanya fenomena tersebut dan tersedianya fasilitas sarana Radio Barani 1116 AM, membuat sekolah meluncurkan program belajar melalui radio.

Radio menjadi salah satu alat komunikasi yang cukup dibilang murah. hampir tiap orang memiliki radio di rumahnya, entah dalam bentuk radio portable yang bisa dibawa kemana-mana, radio yang menjadi satu dengan tape recorder, radio yang ada di handphone, atau radio yang bisa didengar melalui streaming internet.

E-Learning melalui Program Siaran Mekar Arum TV

Secara umum belajar dari rumah yang dilakukan oleh kebanyakan sekolah dilaksanakan melalui aplikasi baik itu media sosial ataupun berbasis web. Tetapi penggunaan aplikasi tersebut membuat siswa merasa cepat jenuh ketika proses belajar dan tidak dapat melihat gurunya mengajar ketika berada di rumah. Melihat fenomena ini SMA Mekar Arum membuat inovasi dengan melakukan pembelajaran secara virtual menggunakan e-learning TV melalui streaming Youtube agar siswa tidak mudah bosan dan selalu merasa dekat dengan gurunya biarpun tidak bertatap muka. Untuk menyukseskan program ini sekolah melakukan pelatihan kepada guru-guru tentang public speaking di depan kamera, penyiapan sarana dan prasarana studio mini e-learning TV dan melatih guru-guru yang menjadi operator studio. Pada saat proses pembelajaran di studio guru-guru diwajibkan mematuhi protokol kesehatan ketika datang ke sekolah.

Pembelajaran melalui Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi yang memungkinkan guru untuk membuat area kelas secara online. Mereka bisa mengelola semua dokumen yang dibutuhkan murid dalam pembelajaran. Dokumen pembelajaran dapat disimpan di Google Drive dan dapat diedit di aplikasi Drive, seperti Google Documents, Spreadsheet, dan sebagainya.

Pada pelaksanaannya SMA Mekar Arum melatih para pendidik agar dapat menguasai dan mengoperasikan aplikasi Google Classroom. Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan tujuan proses pembelajaran jarak jauh secara online dapat berjalan dengan lancar

Pembuatan Modul Pembelajaran Elektronik

E-modul merupakan bahan ajar yang dinilai inovatif untuk pembelajaran. Sebagai bahan ajar yang inovatif, sebaiknya e-modul dikembangkan oleh guru itu sendiri agar sesuai dengan karakter siswa dan metoda pembelajaran yang akan digunakan. Penggunaan E-Modul ini untuk mempermudah peserta didik dalam proses pembelajarannya.

Pembuatan Buku Deukeut, Deudeuh, Imeut

Buku Deukeut, Deudeuh, Imeut ini merupakan buku penghubung orang tua dan buku administrasi yang dibuat oleh sekolah sebagai media komunikasi tidak langsung dalam rangka menyampaikan atau memberitahukan hal-hal penting yang menyangkut perkembangan siswa ketika belajar di rumah. Setiap orang tua agar dapat menyampaikan segala hal terkait siswa kepada sekolah, terutama dalam hal perkembangannya di rumah pada kegiatan pembelajaran jarak jauh, sehingga orangtua dan sekolah menjadi lebih tahu bagaimana perkembangan anaknya ketika belajar.

Buku penghubung ini pada umumnya berisi data yang disajikan dalam bentuk tabel yang memuat tentang keterangan: hari dan tanggal, absensi kehadiran perhari, rangkaian kegiatan pembelajaran setiap hari, penilaian dan hasil pembelajaran, penilaian keagamaan, kendala ketika belajar dari rumah, catatan orang tua, dan saran orang tua kepada sekolah. 

Tujuan utama sekolah membuat buku penghubung (Buku Deukuet, Dedeuh, Imeut) adalah sebagai instrumen monitoring baik untuk orangtua maupun sekolah di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini. dengan adanya buku penghubung ini diharapkan kerjasama orangtua dan sekolah dapat terjalin semakin baik dan harmonis mengingat tanggung jawab pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyatakat dan keluarga.

Pelaksanaan Home Visit

Tugas dan fungsi guru tidak saja memberikan pendidikan, pengajaran, dan pelatihan saja, akan tetapi tugas yang melekat pada dirinya tidak hanya sekadar di sekolah, akan tetapi juga di luar sekolah. Satu hal yang perlu menjadi perhatian dari guru, adalah tugas mendidik. Tugas ini sangat berat, karena mendidik tidak saja menjadikan peserta didik dari tidak bisa menjadi bisa, namun dibarengi dengan usaha untuk menjadikan seorang anak yang semula berperilaku tidak terpuji, berubah menjadi anak dengan perilaku yang baik.

Kunjungan ke rumah dan silaturahmi dengan orang tua atau wali murid perlu dilakukan, dan tugas ini tidak hanya dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling saja, akan tetapi untuk semua guru, terutama wali kelas atau guru kelas. Komunikasi langsung dengan orang tua perlu dibangun dengan baik dan harmonis.

Home visit merupakan salah satu alternatif memecahkan kesulitan belajar siswa dan merupakan tindakan preventif mengurangi “drop out” (DO) dan kenakalan siswa. Home visit mempunyai dua tujuan: pertama untuk memperoleh berbagai keterangan atau data yang diperlukan dalam memahami lingkungan dan siswa. Kedua, untuk mengubah dan memecahkan permasalahan siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pada masa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini kegiatan home visit sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui kendala-kendala selama proses pembelajaran dari rumah berlangsung. Dengan adanya home visit ini sekolah dapat memantau perkembangan belajar peserta didiknya.  

Pelaksanaan Home visit di masa PJJ ini semakin penting untuk dilaksanakan, sebab dengan adanya kegiatan ini sekolah merasa perlu untuk melakukan pembinaan kesiswaan kepada peserta didik di antaranya :

pembinaan disiplin siswa (tata tertib sekolah).pembinaan pembiasaan berahlaqul karimah (seperti melaksanakan ibadah wajib, ibadah sunnah, tadarus Al-Quran, patuh kepada orangtua, hormat kepada yang lebih tua dan contoh yang lainnya).pembinaan mengikuti PJJ sesuai jadwal dan SOP yang ditentukan oleh sekolah selama belajar di rumah.

Dengan ketercapaian program home visit sekolah ini, membuat program pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan oleh SMA Mekar Arum tetap dapat tercapai sesuai dengan target yang diharapkan.

Pembuatan Absensi Secara Online

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan absen dalam bentuk formulir adalah Google Forms, aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara langsung dalam kelas virtual Google Classroom. Kelebihannya adalah kita dapat meminta siswa untuk mengumpulkan foto maupun tugas dalam bentuk file sekaligus menunjukkan kehadirannya di dalam kelas.

Pelaksanaan Tes Online

Setelah proses pembelajaran selesai dilaksanakan pada setiap bulannya, sekolah melaksanakan evaluasi belajar atau tes yang dilakukan secara online. Pelaksanaan tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa terhadap materi yang telah diberikan oleh pendidik. Hasil evaluasi ini nantinya akan digunakan oleh guru mata pelajaran, wali kelas dan sekolah dalam menentukan rapor nilai perkembangan setiap peserta didiknya. Selain itu tes bulanan juga merupakan salah satu alat untuk mengukur daya serap siswa tehadap materi pelajaran yang diberikan melalui program PJJ yang ada di SMA Mekar Arum.

*Penulis: Nevi Nurzaman

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *