Bolehkah Asam Urat Dipijat?

Jakarta, Perpek Media – Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, sering kali membuat kamu bahkan terbangun di tengan malam karena merasakan ibu jari seperti terbakar. Sendi yang terinfeksi akan mengalami pembengkakan, terasa panas, dan nyeri. Sering kali, asam urat memang menyerang sendi pada pangkal ibu jari kaki. 

Selain mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan mengonsumsi minuman manis serta beralkohol berlebihan, ada beberapa faktor lain yang meningkatkan risiko terjadinya asam urat, seperti tekanan darah tinggi, riwayat genetik, konsumsi makanan tinggi protein berlebihan, obesitas, hingga sindrom metabolik. Lalu, laki-laki memiliki risiko lebih tinggi daripada wanita. 

Lalu, bolehkah pengidap asam urat dipijat? Sebenarnya, penanganan untuk asam urat bervariasi yang bergantung pada kondisi kronis atau akut. Ternyata, di samping pengobatan medis, masih ada pengobatan alternatif yang bisa kamu coba untuk mengobati masalah kesehatan ini, yaitu pijat atau akupuntur. 

Dilansir dari halodoc, Memang benar, pijat berfokus pada seluruh tubuh. Namun, secara khusus, pijat juga berfokus pada area yang mengalami nyeri karena persendian yang terasa sakit. Pijat merupakan terapi kuno yang sangat membantu meningkatkan mekanisme penyembuhan tubuh secara alami. Terapi ini dirancang guna merangsang metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah ke sendi yang mengalami kerusakan dan jaringan otot disekitarnya, mengurangi nyeri, dan menghindari kejang. 

Meski termasuk terapi kuno, tetapi studi yang dipublikasikan dalam Journal of Bodywork and Movement Therapies, berhasil membuktikan bahwa orang-orang yang mengalami artritis dan mendapatkan terapi pijat lebih sedikit merasakan sakit dan kesembuhan yang lebih besar.

Studi lain yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, menyebutkan bahwa pijat menunjukkan pengurangan nyeri secara signifikan dan meningkatkan fungsionalitas lutut pada pengidap osteoarthritis. Ini artinya, pengidap asam urat boleh melakukan pijat untuk terapi penyembuhan alternatif selain medis.

Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat, tetapi pijat dapat mengontrol gejalanya dan membantu pengidap tetap bisa beraktivitas dengan normal setiap kali serangan asam urat terjadi. Akan tetapi, pastikan dulu kamu sudah bertanya pada dokter tentang hal ini ya, karena bisa jadi ada kondisi medis lain yang justru membuat kamu harus menghindari pijat. ***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *