Keren! Kelurahan Sunter Agung Kembangkan Pertanian Perkotaan

Jakarta, Perpek Media – Kelurahan Sunter Agung kembangkan pertanian perkotaan tanaman hidroponik rumah kaca. Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Tani Teratai Taman Hatinya PKK RW 05 ini bertujuan untuk menghijaukan lingkungan sekaligus dijadikan komoditas ekonomi bagi warga.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan rumah kaca RW 05 Sunter Agung ini akan dikelola oleh kelompok wanita Tani Teratai Taman Hatinya PKK RW 05.

“Pembangunan rumah kaca ini baru selesai. Ini adalah bantuan dari CSR PT Indonesia Power Tanjung Priok yang nantinya akan dijadikan lokasi berkebun oleh kelompok Tani Teratai,” katanya Kamis (5/11/20)

Danang menambahkan adanya rumah kaca ini diharapkan hasil perkebunan yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang baik. “Dipilihnya rumah kaca sebagai wadah berkebun hidroponik lantaran dinilai steril dari hama dan penyakit tanaman. Dengan demikian, bibit dan hasil tanam akan menghasilkan kualitas yang baik. Harapannya kedepannya nanti selain bisa menghijaukan lingkungan juga bisa dijadikan komoditas enomi bagi warga,” ucapnya.

Sebelum adanya rumah kaca ini, Danang mengatakan jika warganya sudah berupaya melakukan pengembangan tanaman organik secara konvensional.

“Warga pernah menanam secara konvensional, tapi hasilnya dinilai tidak maksimal. Semoga dengan adanya rumah kaca ini wanita Tani Teratai bisa memperbaiki kualitas tanaman hidroponiknya,” tuturnya.

Untuk diketahui, rumah kaca yang ditanami pakcoy, sawi, kangkung dan melon ini adalah pilot project (percontohan) pertanian perkotaan Kelurahan Sunter Agung. Rencananya pengembangan pertanian perkotaan di RW 05 ini nantinya juga akan dikembangkan ke RW lainnya. (Antoni)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *