Bernyanyi Mampu Mengurangi Stres

Jakarta, Perpek Media – Saat kerjaan numpuk, ditambah dengan problematika dalam kehidupan yang belum teratasi, lalu mengalami kesedihan yang melampaui batas, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan mental, diantaranya dapat menimbulkan stres. Tapi taukah kamu! ternyata bernyanyi mampu mengurangi stres.

Tak sedikit orang yang gemar bernyanyi. Selain menyenangkan dan dapat menjadi cara melepas stres, ternyata ada banyak manfaat bernyanyi bagi kesehatan mental seperti dikutip dari alodokter.com

Tanpa disadari, bernyanyi adalah aktivitas yang kompleks. Hal ini karena bernyanyi melibatkan berbagai area di otak, terutama bagian otak yang berperan dalam fungsi berbahasa, vokal, dan emosional.

Tidak hanya itu, bernyanyi juga melibatkan teknik pernapasan hingga irama jantung.

Misalnya saat kamu sedang sedih mungkin cenderung ingin menyanyikan lagu bernada sendu dengan lirik yang menyuarakan isi hati. Begitu pun saat gembira, bernyanyi lagu bernada riang dirasa cocok dengan suasana ceria

Faktanya, bernyanyi memang berhubungan dengan kondisi psikologis dan kesehatan mental.

Melawan stres

Salah satu manfaat bernyanyi adalah mengurangi stres. Hal ini terbukti melalui sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh seseorang dapat menurun setelah bernyanyi.

Selain itu, mereka juga merasa lebih santai, senang, nyaman, lega, dan suasana hati juga membaik. Kondisi ini juga berlaku bagi mereka yang dalam kesehariannya tidak begitu suka menyanyi. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *