Microsoft Bakal Gandeng Android ke Windows 10

Jakarta, Perpek Media – Perusahaan raksasa teknologi Microsoft dikabarkan sedang menggarap sebuah project untuk membawa aplikasi Android ke platform Windows 10. Project tersebut diberi nama Project Latte.

Langkah tersebut merupakan upaya kedua dari Microsoft setelah menghadirkan ‘Project Astoria’ pada 2015 yang berencana membawa dukungan untuk aplikasi Android ke Windows 10 Mobile tetapi akhirnya dibatalkan pada 2018.

Seperti diberitakan oleh Gizmochina, ‘Project Latte’ kemungkinan besar akan didukung oleh Windows Subsystem for Linux (WSL).

Saat diluncurkan, pengembang akan dapat membawa aplikasi mereka ke Windows 10 dengan mudah ‘dengan sedikit atau tanpa perubahan mode’. Aplikasi dikemas sebagai MSIX, format paket aplikasi Windows sebelum dikirimkan ke Microsoft Store.

Jika Microsoft berhasil maka toko aplikasi Windows akan mendapatkan ribuan tambahan aplikasi. Namun, tampilan aplikasi menjadi pertanyaan mengingat layar komputer jauh lebih besar daripada ponsel.

Sumber juga menyebutkan bahwa ‘Project Latte’ kemungkinan tidak mendukung Play Services karena Google tidak mengizinkan layanan Play dipasang di perangkat yang tidak didukung oleh Android atau Chrome OS.

Terlepas dari hal itu, jika Microsoft berhasil dengan ‘Project Latte’, Windows akan menjadi platform yang mendukung beberapa jenis paket aplikasi, termasuk PWA, UMP, Win32, dan Linux.

Microsoft diperkirakan akan mengumumkan proyek tersebut tahun depan dan merilisnya sebagai bagian dari pembaruan Windows 10 di musim gugur 2021. (Maste/kop)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *