Terkait Dugaan Pungli di RW 02 Kelurahan Wijaya Kusuma, Berikut Keteranganya

Jakarta, Perpek Media – Diduga ada pemberitaan tentang adanya pungli terkait Bansos (Bantuan Sosial) dari pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di RT 013/RW.02 Kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, bahwasanya itu tidak benar adanya.

Saat Tim Perpek Media menelusuri, menurut keterangan salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya yang dipintain uang yang hendak mengambil sembako tersebut memang disuruh bayar Rp 10.000, hal itu untuk membayar sumbangan PMI sebesar Rp 5000 dan sumbangan dana Bazis sebesar Rp. 5000 yang semua itu didata dengan form resmi PMI dan Bazis lalu dikumpulkan oleh masing – masing setiap RT selanjutnya diserahkan langsung ke kelurahan Wijaya Kusuma, Kecamatan Grogol Petamburan.

Saat dikonfirmasi adanya berita tersebut wakil RW 02 Najamudin Rafi membenarkan adanya pungutan tersebut, “Pungutan itu dialokasikan buat dana PMI dan Bazis seperti setiap tahun yang sudah dijalani, dan ditegaskan bukan untuk membayar sumbangan pungutan bansos” ujarnya.

“Itu benar dan sudah disosialisasikan melalui ketua RT terkait dana Rp 10.000 tersebut, uang itu buat PMI Rp 5000 untuk Bazis Rp 5000. Adapun warga yang belum paham, mungkin RT nya penyampaianya yang salah, jadi Miss komunikasi” kata Najamudin Rafi, Selasa (01/12/2020)

Dirinya juga menerangkan, untuk dana PMI dan Baziz tidak menggunakan kupon, melainkan List Form Resmi dari PMI serta Bazis, agar semua warga yang memberikan sumbangan tertera sesuai yang memberikan dan jumlahnya yang sudah dibuat dari masing masing RT lalu diserahkan ke RW atau kelurahan, ujarnya.

Sementara, saat Tim Perpek Media mencari keterangan mengenai dana PMI dan Bazis ke Kelurahan Wijaya Kusuma untuk saat ini belum bisa dihubungi via WhatsApp, akan tetapi besok tim akan berusaha menemui untuk konfirmasi dengan Lurah Wijaya Kusuma, lebih lanjut.

Sampai berita ini ditayangkan, tim belum mendapatkan keterangan terkait kebenaran dana PMI dan Bazis dari Kelurahan Wijaya Kusuma yang menangani dana PMI dan Bazis tersebut. (Agus Tiyano)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *