Pemkot Jaksel Gelar Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana

Jakarta, Perpek Media – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel), menggelar Gladi Lapang Kampung Siaga Bencana atau simulasi kesiapsiagaan Bencana di GOR Pancoran, Jalan Pengadegan Timur 1 No. 9d Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Kamis (3/12).

Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk simulasi penanggulangan banjir, di Kampung Siaga Bencana RW 01 Kelurahan Pengadegan.

“Kita berharap yang pertama bencana tidak datang, yang kedua kita mau memastikan bahwa ketika bencana datang maka kita memastikan warga selamat, dan yang ketiga bahwa ketika terjadi genangan kita berharap kita bisa selesaikan genangan itu dalam waktu enam jam,” tuturnya.

Dalam simulasi tersebut berbagai personel dikerahkan. Mereka terdiri dari TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, serta SKPD terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA), Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Lingkungan Hidup, Kesehatan, Perhubungan Jakarta Selatan, elemen masyarakat, juga PPSU.

“Kita juga berharap, melalui simulasi ini, seluruh aparatur sipil negara di wilayah kota Jakarta Selatan, TNI, Polri, serta elemen masyarakat yang ada, selalu siap dalam menghadapi ancaman banjir,” tandas Marullah

Adapun simulasi yang dilakukan antara lain penanganan pengungsi, koordinasi dapur umum, penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan banjir, penyediaan posko dan berbagai jenis kebutuhannya seperti Tenda Pengungsi, Mobil Toilet, Genset, Tali Tambang, Penerangan (Emergency Lamp), Mobile Air Bersih, serta pemenuhan logistik bagi para pengungsi.

*Sumber: Sudin Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Administrasi Jakarta Selatan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *