Pemkot Jakbar Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Jakarta, Perpek Media – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat meraih penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2019.

Penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI itu berdasarkan hasil penilaian daerah kabupaten/kota peduli HAM tahun 2019-2020. Dari parameter penilain kelompok HAK dan implemantasi aksi HAM, total pencapaian nilai Kota Jakarta Barat mencapai 98,14.

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengucapkan syukur atas penghargaan tersebut. “Pertama, saya mengucapkan Alhamdulillah atas penghargaan yang sudah kami peroleh dari Kemenkumham, Jakarta Barat sebagai Kota Peduli HAM 2019-2020,” ujar Uus di kantornya, Senin (14/12). “Ini sesuatu yang sangat berarti bagi kami dan jajaran untuk tetap peduli terhadap HAM di dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan di wilayah Jakarta Barat.” 

Penghargaan tersebut, sambungnya, menjadi momentum untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih. Ditegaskan, Pemkot Jakarta Barat akan terus memerhatikan hak-hak warga masyarakat, hak-hak sipil dan HAM dalam peyelenggaraan berbagai kegiatan yang ada di lingkungan pemerintahan dan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini lebih meningkatkan motivasi jajaran kami khususnya Bagian Hukum Pemkot Jakarta Barat untuk terus mempertahankan penghargaan yang telah diraih, dan kita buktikan kepada masyarakat bahwa Pemkot Jakbar peduli terhadap HAM,” tandas Uus didampingi Aspem Yunus Burhan.

Menurutnya, pencapaian nilai yang diraih Jakarta Barat luar biasa, yakni 98,14. “Alhamdulillah Jakarta Barat untuk di DKI Jakarta terbaik, termasuk nasional juga salah satu yang terbaik. Ini jadi tantangan juga bagi Pemkot Jakarta Barat untuk bisa mempertahankan nilai. Mudah-mudahan kami bisa mempertahankannya,” pungkas Uus.

Sementara itu Kabag Hukum Jakarta Barat, Zeri Ronazy, menjelaskan penilaian daerah kabupaten/kota peduli HAM oleh Kemenkumham RI dilaksanakan tiap tahun. “Tahun-tahun sebelumnya Pemkot Jakarta Barat juga mendapat penghargaan ini. Untuk pencapaian nilai, kali ini sangat memuaskan, 98,14,” sebutnya.    

Ditegaskan, keberhasilan meraih penghargaan tersebut atas kerjasama unit-unit terkait dan masyarakat. Pihaknya bertekad akan mempertahankan penghargaan yang telah diraih. “Keberhasilan ini melibatkan seluruh unsur unit-unit di lingkungan Pemkot Jakbar dan masyarakat. Kami akan pertahankan, kalau bisa melebihi pencapaian ini,” tandas Zeri. (Aji/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *