INSANO Jakarta Utara Gelar Baksos Donor Darah, Bersama PMI dan Sehaty

Jakarta, Perpek Media – Indonesia Anti Narkoba (Insano) DPC Jakarta Utara menggelar kegiatan Bakti Sosial Donor Darah, pada hari Minggu, 20 Desember 2020 di Northland Apartemen Ancol, Jakarta Utara. Dimana dalam pelaksanaan kegiatan baksos tersebut, Insano berkolaborasi bersama PMI dan Sehaty.

“Kami membantu kumpulkan kantong darah, diharapkan dapat lebih menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kepedulian kepada sesama terutama untuk saudara-saudara kita yang membutuhkannya” ungkap Maya, ketua DPC Insano Jakarta utara, Minggu (20/12/2020).

Sehaty Jakarta Utara ikut berpartisipasi dalam acara bakti sosial donor darah yang diadakan oleh Insano. Berkolaborasi dengan PMI, Sehaty dan juga pihak pengelola Northland Apartemen Ancol Jakarta Utara.

“Semoga acara seperti ini diadakan secara bersekala tidak hanya sebatas ceremonial saja,” harap Maya.

Pentingnya donor darah, khususnya di rumah sakit sangat memerlukan stok darah untuk diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Permintaan terhadap darah, termasuk sel darah merah, trombosit serta plasma, tidak berkurang meskipun dunia sedang dihebohkan dengan wabah Covid-19.

Saking pentingnya, peran pendonor darah disamakan dengan peran tenaga kesehatan saat pandemi ini. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), transfusi atau donor darah diperlukan bagi orang-orang yang kehilangan darah dalam jumlah banyak saat operasi atau akibat kecelakaan.

Darah tersebut pun dibutuhkan untuk individu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, contohnya thalasemia yaitu ketidakmampuan tubuh dalam memproduksi hemoglobin normal. Food and Drug Administration (FDA) Amerika memperkirakan setiap 2 detiknya seseorang membutuhkan donor darah.

Palang Merah Amerika alias American Red Cross juga menyampaikan bahwa ilmuwan tidak dapat membuat darah di laboratorium. Itulah sebabnya, donor darah sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya pemeliharaan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.

Tanpa suplai darah yang mencukupi, banyak prosedur medis yang terhambat bahkan terhenti, sehingga banyak pula orang yang mungkin tidak bisa menjalani perawatan.

Acara berlangsung mulai pada jam 08.00 WIB sampai dengan selesai. Tampak hadir dalam acara tersebut Erwin selaku Ketua Umum Sehaty dan Dirman selaku ketua Sehaty Jakarta Utara.

Rekan rekan insano juga akan selalu berperan serta untuk mendonorkan darahnya dengan sukarela di masa pandemi Covid-19 dan sepanjang kegiatan ini tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M” ujar Maya. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *