Bank Sampah 68 Kebagusan Kirim empat Ton Sampah Per Hari ke TPST

Jakarta, Perpek Media – Bank Sampah 68 yang berada di RT 008/RW 06 Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Administrasi Jakarta Selatan, memiliki kontribusi yang tinggi di dalam penanganan sampah di wilayah tersebut. Tercatat, empat ton sampah per hari bisa dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Lurah Kebagusan Leo Yudhantara, mengapresiasikan kontribusi adanya Bank Sampah 68 tersebut. “Setiap hari Kelurahan Kebagusan menghasilkan sampah empat ton yang dikirim ke TPST Bantar Gebang, menyikapi hal tersebut warga Kebagusan berupaya mengurangi sampah dengan aktif di Bank Sampah” ujar Leo dalam sambutan Syukuran Milad Bank Sampah 68 yang pertama, Minggu (20/12).

Sementara, Koordinator Bank Sampah 68 Siti Aminah mengatakan, setahun berlalu nasabah yang awalnya kurang dari 20 kini telah bertambah hingga tiga kali lipat. “Menjadi 70 nasabah yang aktif melaksanakan penimbangan setiap hari Sabtu pagi,” Ungkapnya.

Aminah menambahkan, kegiatan di bank sampah itu pun bertambah. Bukan hanya sampah anorganik, namun minyak jelantah juga sudah mulai di kumpulkan di Bank Sampah yang berlokasi di Pos Siskamling RT 06/RW 08. Penggeraknya adalah Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna yang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Adanya Bank Sampah di lingkungan kami menjadikan lingkungan RT 06/ RW 08  jauh lebih bersih karena warga khususnya anak-anak jadi sadar bahwa setiap sampah anorganik punya nilai ekonomis,” tuturnya. ***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *