UNHCR dan YKMI Berikan Bantuan Kepada Pengungsi Rohingya

Lhokseumawe, Perpek Media – United Nation High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan Yayasan Kemanusian Madani Indonesia (YKMI) memberikan bantuan terhadap penanganan pengungsi Rohingya di Desa Meunasah Mee, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Rabu, (6/1/2021).

Selain itu, UNHCR dan YKMI seperti dilansir dari bisaapa.id juga membantu masyarakat sekitar Camp Pengungsi Rohingya dengan memberikan sejumlah paket pangan, perlengkapan Masjid, serta peralatan pendukung Pukesmas dan Posyandu di desa setempat.

Sementara itu, dalam waktu dekat mereka mengaku akan mendistribusikan peralatan kebersihan untuk sekolah-sekolah di seputaran Desa Meunasah Me. Pihak mereka juga akan melakukan pelatihan berbasis kompentensi dari berbagai bidang seperti bisnis catering, pertanian biofloc dan keterampilan lainnya.

Ketua Program Officer Livelihood YKMI, Abdul Hamid, menuturkan bahwa YKMI adalah mitra pelaksana program “Protection and Assistance of Rohingya Refugees”, memilik tanggung jawab untuk tetap berkordinasi dengan semua pihak agar program itu dapat terlaksana.
 
“Kami selaku mitra pelaksana selalu berkoordinasi dengan pemerintah lokal baik itu Satgas Penanganan Pengungsi, Pemerintah Kota Lhokseumawe, LSM, serta dengan aparat Desa Meunasah Mee khususnya dalam hal perlibatan warga lokal untuk ikut serta dalam program ini”, jelas Abdul.
 
Sedangkan T. Fawaaz selaku perwakilan dari UNHCR menyampaikan dalam setiap pemberian bantuan kepada pengungsi, warga lokal merupakan entitas yang tidak boleh dilupakan dalam program.

“Sedari awal kami menyadari bahwa keberadaan warga lokal disekitar Camp Pengungsi Rohingya harus dilibatkan dalam kegiatan ini, tidak hanya karena mereka merupakan tuan rumah namun faktanya warga sekitar juga telah menyelamatkan para pengungsi rohingya yang terombang-ambing dilaut oleh para nelayan beberapa bulan yang lalu”, ungkap Fawaaz.
 
Sementara itu, Kepala Desa Meunasah Mee, Saifuddin Yunus yang mewakili warga setempat menyampaikan apresiasinya kepada pihak UNHCR dan YKMI atas perhatian dan bantuan yang diberikan kepada warganya.

“Kami sangat bersyukur bahwa pihak UNHCR dan YKMI ternyata tidak melupakan warga sekitar Camp Pengungsi Rohingya, hal ini tentunya dapat memberikan rasa nyaman dan aman baik bagi warga sekitar maupun kepada Pengungsi Rohingya itu sendiri”, kata Saifuddin.

Untuk diketahui, Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) sendiri adalah LSM kemanusiaan yang memiliki pengalaman bekerja dalam Tanggap Darurat Bencana, Penyediaan Air Bersih, Penguatan Ekonomi Masyarakat, Dukungan terhadap Yatim dan Dhuafa, serta Program Ke-Islaman seperti Ramadhan dan Qurban.

Kantor pusat YKMI sendiri berada di Jakarta dan memiliki beberapa kantor cabang, seperti di Aceh, Riau, Sulawesi Tengah, dan NTB. (*/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *