Dua Kecamatan Di Tanah Laut Kalsel Direndam Banjir Mencapai 2 Meter

Kalsel, Perpek Media – Banjir di Kalimantan Selatan menyebabkan dua kecamatan di Kabupaten Tanah Laut seperti hilang tenggelam oleh air. Ketinggian air yang merendam dua kecamatan tersebut mencapai dua meter. 

Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kurau, dan Kecamatan Bumi Makmur.

“Dua kecamatan ini paling membahayakan keselamatan warga, sehingga kami lakukan evakuasi besar-besaran dalam tiga hari terakhir,” ujar Bupati Tanah Laut, Sukamta, Sabtu (16/1/2021) malam.

Sukamta menjelaskan, warga di dua kecamatan itu telah diungsikan ke beberapa desa di Kecamatan Tambang Ulang yang terdapat didirikan posko pengungsian dan dapur umum. Sebagian lagi diungsikan di Kecamatan Pelaihari.

Menurut Sukamta, saat ini hanya tiga kecamatan yang relatif aman meski juga dilanda banjir. Ketiganya yakni Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Jorong, dan Kecamatan Kintap.

Sedangkan delapan kecamatan lainnya semua terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi. Delapan kecamatan itu yakni Bati-Bati, Tambang Ulang, Kurau, Bumi Makmur, Pelaihari, Panyipatan, Takisung dan Bajuin.

“Total ada sekitar 4.000 rumah terdampak dengan 13.000 jiwa diungsikan. Sebagian masih bertahan di rumah, namun kita imbau agar mau dievakuasi jika kondisi tidak memungkingkan,” ujarnya.

*Sumber: InewsKalsel.id

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *