RT 12 Kelurahan Sunter Agung Dijadikan Pilot Project Kampung Tangguh

Jakarta, Perpek Media – RT 12 RW 05 Kelurahan Sunter Agung dijadikan pilot project (proyek percontohan) Kampung Tangguh Bencana di wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedepannya kawasan rawan genangan ini akan dijadikan model wilayah lain dalam upaya menghadapi bencana.

Lurah Sunter Agung Danang Wijanarka mengatakan sebelum wilayahnya terpilih sebagai salah satu lokasi Kampung Tangguh Bencana pihaknya sempat melakukan diskusi panjang dengan pengurus RW di Kelurahan Sunter Agung.

“Bersama pengurus RW kami melakukan inventarisir lokasi-lokasi yang rawan genangan. Ada lima RW yang terlibat di sana, RW 01, 05, 06, 07, 08 dan RW 10. Dan akhirnya kami mendapatkan wilayah RW 05 atau tepatnya RT 12 yang dijadikan proyek percontohan Kampung Tangguh Bencana,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Danang menerangkan genangan yang terjadi di RT 12 RW 05 Itu disebabkan meluapnya kali Keramat Sentiong Buntu yang lokasinya berada di wilayah Pademangan Barat dan Kemayoran.

“Sebagai lanjutannya, warga berkoordinasi dengan Sudin Sumber Daya Air melakukan persiapan antisipasi terjadinya genangan, seperti selalu memastikan kondisi pompa air di Jalan RE Martadinata berfungsi dengan baik untuk mencegah meluapnya Kali Kramat Sintiong Buntu sekaligus menyiapkan 500 karung-karung pasir sebagai backup untuk menghalau air masuk pemukiman,” ungkapnya.

Dan yang tidak kalah penting Danang mengatakan warga RT12 juga dibekali pengetahuan yang dibutuhkan untuk evakuasi ketika bencana banjir datang menyerang.

“Berikut sarana penunjangnya seperti persiapan evakuasi, dapur umum juga berikut lokasi pengungsian yang sudah ditentukan. Meskipun persiapan sudah dilakukan, kami bersama warga berharap genangan Itu tidak pernah terjadi dengan terus menghimbau agar praktik pola hidup bersih terus dilakukan oleh masyarakat,” ucapnya. (*/Antoni)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *