Warga RW 06 di Desa Sukamulya Rumpin, Gotongroyong Buat Empang Lele

Bogor, Perpek Media – Di musim hujan dan di tengah masa pandemi Covid-19, sekelompok warga di RW. 06 Kp. Parigi, Desa Sukamulya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat, membuat kolam ikan di area persawahan untuk ternak lele.

Tampak hadir Zaenuri Ketua RW 06 dan Yakub ketua RT 004 sedang dilokasi memantau pembuatan kolam ikan yang dikerjakan oleh sekelompok warga.

“Kolam ikan ini dibuat untuk ternak lele, harapannya bisa menumbuhkan perekonomian di tengah covid-19 di lingkungan RW. 06” kata Zaenuri saat di wawancarai di Rumpin, Sabtu (30/01/2020).

Pembuatan kolam ikan atau yang biasa disebut empang ini dilakukan secara gotong royong, serta modal pembelian bibit lelenya untuk mengisi empang secara patungan warga yang menjalani ternak lele tersebut.

Namun, menurut Yakub Ketua RT 004, saat ini warganya buat empang belum ada modal yang terkumpul untuk membeli bibit lele.

“Kita sekarang siapin aja dulu empangnya, Insya Allah… untuk isinya (Lele) bakal ketemu, kita juga menawarkan donatur menjadi pemodal untuk ternak lele ini” jelas Yakub.

Di tengah rintik hujan, para pembuat empang nampak bersemangat menggali tanah basah dengan cara dikeruk dengan tangan kosong dan membuat sekat di lahan kosong yang sudah di genangi air tersebut.

Zaenuri pun berharap, dengan upaya yang dilakukan warganya ini bisa diapresiasi oleh perangkat desa untuk mendukung dalam bentuk dana.

“Semoga pemerintah desa dapat membantu dalam segi dana agar ternak lele ini bisa berjalan sesuai harapan, yang mungkin bisa menjadi solusi bagi pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19” harapnya.

Pembuatan kolam ikan lele atau empang dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB, dan proses pengerjaan sudah sampai 60% , Yakub mengatakan untuk penyelesaian akan dilanjutkan kembali besok. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *