Musim Hujan, Makan Soto Betawi Emak Haji Rasanya Nampol Banget

Jakarta, Perpek Media – Soto adalah makanan khas Indonesia, cara penyajiannya pun bervariasi sesuai dengan kekhasan di setiap daerah masing-masing. Biasanya soto dihidangkan dengan nasi atau lontong. Untuk menambah kenikmatannya disertai juga dengan kerupuk, emping, atau perkedel sebagai pelengkap, ditambah dengan sambal sesuai selera saat menyantap.

Seperti saat ini, memasuki musim hujan sangat cocok menikmati makanan hangat yang berkuah (Soto). Sepiring nasi yang secukupnya, mampu membuat tubuh menjadi hangat dan perut terasa kenyang usai menyantap semangkok Soto yang disajikan dengan nasi sepiring.

Apalagi jika Soto yang disajikan mempunyai cita rasa yang nikmat dan enak, so pasti! Makan pun akan menjadi semakin lahap.

Salah satunya di Warung Soto Betawi Emak Haji yang berada di Jl. Perjuangan, Gg. Melati, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Aneka Macam SOTO dan SOP tersedia di Warung Soto Betawi Emak Haji, diantaranya:

  • Soto Betawi
  • Soto Daging
  • Soto Babat
  • Soto Kikil
  • Soto Ayam
  • Soto Mie
  • Sop Iga
  • Sop Daging
  • Sop Ayam

Selain itu, tersedia juga Ayam Kalasan.

“Emak Haji adalah ibu saya, hanya sekarang warung ini saya yang meneruskan, walaupun begitu racikan tetap dari ibu saya” ujar Bang Jeje Pengusaha Soto Betawi saat diwawancarai, Senin (01/02/2021).

Untuk diketahui, Emak Haji adalah Ibu Kandung dari Bang Jeje yang masih meracik aneka macam Soto dan Sop yang tersedia di warung nya sejak tahun 1973.

“Saya gak ngebolehin Emak Haji dagang lagi, karena sekarang sudah lanjut usia, saya sebagai anak nya yang meneruskan, tapi untuk racikan tetap emak saya yang buat. Kalau untuk jualannya saya bersama istri” kata Jeje.

Saat di lokasi, Istri Bang Jeje sedang menyajikan Soto berbungkus-bungkus yang di pesan pelanggan untuk di bawa pulang. Sebab di masa Pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan, Bang Jeje menghimbau kepada pelanggan setianya untuk membungkus pesanan. Adapun yang makan di tempat, ia membatasinya sesuai Pergub DKI Jakarta dalam pelaksanaan PSBB.

“Saya baru pertama kali makan semangkok soto betawi di sini, gokil rasanya nampol banget. Saya pesen sebungkus lagi buat dibawa pulang tapi udah kehabisan” kata Eka pembeli Soto Betawi Emak Haji.

Lebih lanjut, Jeje mengatakan Warung Soto Betawi Emak Haji buka setiap hari, mulai dari pukul 09.00 Wib sampai dengan 21.00 Wib, ia juga menyediakan pesanan atau chatering untuk acara pesta pernikahan dan acara lainnya. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *