Pemuda Kp. Parigi Rumpin, Jaga Silaturahmi Dengan Bermain Bulu Tangkis

Bogor, Perpek Media – Pentingnya menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi covid-19. Selain menjaga pola makan yang sehat, berolahraga juga diperlukan agar bisa memberikan kebaikan bagi tubuh kita. Diantaranya seperti kegiatan Pemuda Desa Sukamulya, Kec. Rumpin, Kab. Bogor, Jawa Barat yang bermain bulu tangkis di malam hari selepas jam kerja.

Permainan yang sedang menjadi trend bagi Pemuda di kawasan tersebut, mereka membangun sebuah lapangan bulu tangkis dengan gotong royong untuk menuruti hobinya.

“Lapangan ini dibangun sudah sejak tahun 2018 akhir oleh pemuda dan warga secara gotong royong. Selama musim hujan anak muda sempat vakum gak ada yang bermain bulu tangkis lagi. Baru malam ini lagi mereka mulai aktif” ujar Yakub ketua RT 004 RW 06 di Kp. Parigi, Kec. Rumpin. Sabtu (13/02/2021)

Senyum lebar Yakub terlihat saat menyaksikan warganya sudah aktif kembali bermain bulu tangkis, menurutnya hal tersebut sangat baik.

“Kegiatan olahraga ini, selain baik untuk kesehatan, baik juga sebagai interaksi sosial antar pemuda di luar jam kesibukan kerja mereka” lanjutnya.

Selain tidak mengganggu aktifitas, olahragaga malam seperti bermain bulu tangkis mampu membantu untuk semua orang yang disibukkan mulai dari pagi, siang, atau sore hari.

Cukup bermodalkan kok dan raket untuk bisa langsung bermain bulu tangkis. Tidak hanya bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, ternyata ada banyak manfaat bulu tangkis yang bisa didapat untuk kesehatan tubuh. 

Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio. Seperti dikutip dari hellosehat. com, olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Efek ini memungkinkan metabolisme tubuh bekerja lebih efektif untuk menjaga kebugaran tubuh.

Metabolisme yang bekerja baik juga membantu setiap sel dalam tubuh untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan seterusnya saat beristirahat. Itu kenapa latihan kardo paling umum dipilih untuk membantu menurunkan berat badan, karena aktivitas ini sangat efektif membakar lemak.

Main bulu tangkis dilaporkan mampu membakar kalori paling banyak ketimbang dengan berlari, menyelam, dan main bola sepak — hingga 450 kalori per jam. Menariknya lagi, manfaat kebugaran ini juga bisa dirasakan oleh orang-orang usia lanjut.

(Sahdi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *