Komsos Dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Panjang

Natuna, Perpek Media – Desa Kelanga memiliki kearifan budaya lokal yaitu Alat musik Gendang Panjang. Alat musik Gendang Panjang untuk mengiringi Tari Topeng, Senin (8/03/2021).

Babinsa Kel : Ranai Kota Personil Koramil 01/Ranai Serda Erwin.E.Sidabutar bersilahturahmi dengan Ketua Alat Musik Tradisional Gendang Panjang, Bpk Yuhaimi.

Gendang Panjang sendiri mempunyai sejarah untuk mengiringi Tari Topeng yang mana dahulu hanya menggunakan kayu yang dipukul – pukul. dan dengan perkembangan zaman sehingga di buatlah Alat Musik Gendang Panjang itu sendiri.

Gendang Panjang dan Tari Topeng sangat berkaitan dengan dua Seni budaya yang berbeda tapi berjalan seirama. Gendang Panjang di mainkan oleh 6 orang terdiri dari : 2 orang Gendang Panjang, 1 orang Gendang Pendek, 1 orang Gong, dan 2 orang Kelempong.

Untuk saat ini Gendang Panjang dan Tari Topeng masih Aktif dan apabila ada permintaan untuk tampil di pementasan, semuanya siap tampil. Harapan kedepannya terhadap kebudayaan lokal ini tetap eksis dan tidak punah walau perkembangan zaman sudah sangat maju pesat.

Besar Harapan Dari Ketua Gendang Panjang Bpk Yuhaimi Supaya Alat Musik Ini Dikenal Kembali Oleh Warga Khususnya Kaum Milenial.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *