Candi Ditengah Sawah Kota Karawang

Karawang, Perpek Media – Siapa yang tidak kenal dengan nama kota Karawang, kota yang dijuluki sebagai kota Pangkal Perjuangan, Kota Industri dan sebagai Kota Lumbung Padi.

Dibalik nama terkenal kota Karawang, ternyata memiliki sebuah peninggalan kuno berupa candi yang bernama Candi Batujaya, tempat wisata ini terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, terdapat Situs Cibuaya yang terkenal sebagai situs Hindu.

Candi Situs Batujaya secara administratif terletak di dua wilayah desa, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Talagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Yang menarik, semua bangunan candi menghadap ke arah yang sama, yaitu 50 derajat dari arah utara.

Candi Candi di Komplek Batu Jaya ini umumnya terkubur di dalam tanah sedalam antara 1 hingga 3 meter, jadi pelataran candi berada dibawah 1- 3 meter dari permukaan sawah, alhasil candi candi itu rawan tergenang.

Jarang ada candi peninggalan Hindu-Buddha di Jawa Barat, tetapi di Karawang ada candi dari batu bata di tengah sawah di Desa Segaran, walau baru ada satu candi yang terbuka untuk umum, sesungguhnya di sini merupakan situs percandian karena terdiri dari beberapa candi yang tersebar di beberapa titik.

Sementara itu, situs Segaran V atau yang biasa disebut Candi Blandongan, secara khusus mulai diteliti sejak tahun 1993.

Ekskavasi yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional berhasil menampakkan kaki bangunan di sisi barat laut.

Pada tahun 1995, penelitian dilanjutkan dan berhasil menampakkan struktur bangunan sepanjang 21,6 m serta 9 anak tangga. Tahun 1996, sisi timur laut dan tenggara Candi Blandongan berhasil ditampakkan. (Anthony)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *