Anggota Satgas Berikan Penyuluhan Geopark Natuna Kepada Pelajar

Natuna, Perpek Media — Puluhan anak didik SMP Negeri 1 Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna mengikuti sosialisasi terkait Geopark Natuna. Acara ini merupakan salah satu kegiatan non fisik TMMD ke 110 Kodim 0318/Natuna Tahun 2021 yang bertema ” TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri “

Acara dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bunguran Timur Laut Senin (22/3/2021). Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Babinsa Sertu Yudi Teguh Koramil 01/Ranai Dim 0318/Natuna, dan dihadiri oleh Guru PAI ( Ibu Sarah S Pdi), Guru PPKN ( Bpk Tarif S. PD), Operator Sekolah ( Bpk Rusnadi), dan Siswa/Siswi SMP Negeri 1 Bunguran Timur Laut (20 Siswa).

Dalam kesempatan itu, Sertu Yudi Teguh menjelaskan terkait Geopark Natuna.

”Geopark merupakan sebuah wilayah Geografi Tunggal atau Gabungan yang memiliki situs warisan geologi dan bentang alam yang bernilai, Terkait aspek warisan geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya,” katanya.

Dia juga menjelaskan, di Natuna sendiri ada delapan Geoprak yakni Tanjung datuk (Desa teluk Buton) Kec.Bunguran Utara , Pantai Dan Lubang Kamak/Goa Kamak (Desa Pengadah, Bunguran Timur Laut). Kemudian Pulau Senua (Desa Sepempang, Bunguran Timur), Tanjung Senubing ( Kelurahan Ranai, Bunguran Timur).

Adapula Gunung Ranai (Ranai Darat, Bunguran Timur), Batu Kasah (Desa Cemaga Tengah, Bunguran Selatan), Pulau Akar (Desa Cemaga, Bunguran Selatan) dan Pulau Setanau (Desa Sabang Mawang, Pulau Tiga).

Terkait hal itu, Sertu Yudi Teguh menyebut bahwa sosialisasi khususnya kepada para siswa sangat penting karena akan berdampak pada kelestarian geopark itu sendiri kedepannya.

”Mereka adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan agar bisa menjaga lingkungan dari kerusakan. Serta melestarikan warisan khususnya di wilayah Natuna ini,” jelasnya.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *