Obyek Wisata Geopack Batu Kasah Salah Satu Pesona Natuna

NATUNA, Perpek Media — Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna menggelar komsos dengan pengelola objek wisata Geopark Batu Kasah pada Kamis (25/3). Kegiatan ini dalam rangka TMMD ke-110 Kodim 0318/Natuna Tahun 2021.

Babinsa Desa Cemaga Tengah, Serda R Damanik mengatakan bahwa komsos ini bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa setempat.

”Kemudian pengembangan usaha baru serta membuka lapangan kerja guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Bumdes objek wisata Geopark Batu Kasah, Salamun menjelaskan tentang asal usul wisata tersebut.

”Konon zaman dulu ada seseorang bernama Tok Nyong. Dirinya sering melewati batu tersebut untuk pergi ke kebunnya. Setiap pergi, ia singgah di batu itu untuk mengasah parangnya. Karenanya lokasi itu disebut batu asah,” katanya.

”Namun sekarang dipanggil batu kasha lantaran namanya gabungan antara batu asah, batu hiu dan pantai. Seiring berjalannya waktu, tempat ini di kenal dan populer di kalangan masyarakat adalah Batu Kasah,” sambungnya.

Lanjut Salamun, wisata tersebut mulai operasi pada 2017 silam dengan menggunakan dana desa dan CSR. Sementara untuk luas lokasinya sendiri sekitar 4 hektar.

”Jadi objek wisata karena lokasi ini menawarkan keindahan pantai kemudian laut yang biru bak cermin. Serta batu besar yang indah. Disini ada sarana dan prasarana antara lain, toilet, kamar bilas, surau/musholla, warung, gazebo dan serta saluran data 4G untuk smartphone,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Dandim 0318/Natuna, Letkol Arm Asep Ridwan menjelaskan bahwa komsos tersebut merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat. Khususnya dalam rangka membangun kerukunan dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

”Salah satunya dengan melakukan silaturahmi dan komunikasi sosial. Selain itu dapat berguna untuk mencari solusi bersama guna memudahkan masyarakat dan Babinsa dalam menghadapi masalah yang ada sehingga dapat ditangani dengan mudah,” ujarnya.

(Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *