Dies Natalis Ke-51 Tahun, Setengah Abad ITL Trisakti Cetak Tenaga Ahli Dibidang Transportasi

Jakarta, Perpek Media – Dalam rangka Dies Natalis yang ke-51 tahun, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti mengadakan Sidang Terbuka Senat dengan tema “ITL Trisakti Siap Untuk Menuju World Class University On Transportation & Logistics Study – Program” pada Sabtu, 03 April 2021, pukul 08.00 WIB di Auditorium Lantai 7 Gedung ITL Trisakti, Cipinang Besar, Jakarta Timur.

Usia yang cukup matang di dunia pendidikan tinggi, melebihi setengah abad ITL Trisakti berprestasi mencetak tenaga ahli profesional di bidang Transportasi Darat, Laut, Udara, dan Kereta Api.

Sejak berubah nama dari STMT menjadi ITL pada tahun 2018, perguruan tinggi swasta ini telah berhasil menyelenggarakan The International Conference on the Global Research & Sustainability of Transportation’s and Logistic’s yang dihadiri oleh puluhan perguruan tinggi dari berbagai negara.

Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) sebagai Perguruan Tinggi yang didirikan oleh Yayasan Trisakti, yang pada awalnya tahun 1970 bernama Akademi Angkutan Udara Niaga Trisakti (AAUN Trisakti), kemudian berganti lembaga menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti (STMT Trisakti), hingga sejak tanggal 7 Februari 2019 sudah menjadi Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.

ITL Trisakti memasuki usia yang ke – 51 di tahun 2021 ini berlangsung di Kampus ITL Trisakti Jalan IPN No. 2 Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Sabtu, (3/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Turut hadir dalam acara ke – 51 tahun Dies Natalis diantaranya: Rektor Institut Transportasi dan Logistik (ITL), Bpk. Dr. Tjuk Sukardiman, Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Bpk. Mayor Jenderal TNI (Purnaiwarawan) Dr. E. D. Bimo Prakoso, MPA, MSc, Ketua Pembina Yayasan Trisakti, Bpk. Harry Tjan Silalahi, SH, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Jakarta, Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Bpk. Ir. Budi Karya Sumadi dalam hal ini diwakili oleh Bpk. Dr. Ir. Djoko Sasono MSc, Bupati Agam, Dr. Andri Warman.

Selama berlangsungnya acara, Pukul 08.00 WIB, dalam pembukaan MC mengucapkan selamat datang kepada hadirin, “Selamat datang di sidang terbuka senat ITL Trisakti dengan acara tunggal dies natalis ke 51 tahun, Demi kelancaran dan ketertiban acara hadirin dimohon mengaktifkan telepon dalam mode diam atau getar, menjaga ketertiban dan tetab berada dalam ruangan hingga acara selesai” ujar MC saat membuka acara di Auditorium ITL Trisakti, Sabtu (03/04).

Selanjutnya, Senat ITL Trisakti memasuki ruang upacara (Pedel menghentakkan tongkat 3x). Kemudian disambung dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Ketua Senat ITL Trisakti, Bpk. Drs. Asep Suparman, DESS.

Setelah itu, Pedel membuka Sidang Terbuka Senat dengan acara tunggal Dies Natalis ke 51 tahun pada pukul 09.30 WIB. Lalu Senat membuka dengan membaca Bismillahirohmanirohim dan mengetuk palu 3x.

Sebelum memasuki sambutan dalam susun acara, Rektor ITL Trisakti, Dr. Tjuk Sukadirman menyampaikan laporan akademik ITL Trisakti.

Sebagai tanda kehormatan, Tarian Sambutan oleh Mahasiwi dan pemutaran video ITL Trisakti dipersembahkan kepada para hadirin yang terhormat.

Memasuki kata sambutan, yang disampaikan oleh beberapa pejabat dan petinggi ITL. Selanjutnya masih ditempat yang sama, melalui Zoom PJs Rektor Universitas Trisakti, Bpk. Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA menyampaikan orasinya dengan tema Tantangan Revolusi Industri 4 dan Covid-19 Terhadap Penyelenggaraan Tidharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta dan Sekjen Kemenhub menyatakan peranan besar ITL Trisakti.

“Saya mengajak keluarga besar ITL Trisakti sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di DKI Jakarta harus konsisten dan menjadi pendorong tenaga profesional di dunia industri dan memberikan layanan kualitas pendidikan yang baik,” ucap Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc

ITL Trisakti diharap selalu terdepan dan terus jadi panutan dan jadi pilar inovasi bangsa,” ujar Sekjen Kemenhub Djoko Sasono.

Meski demikian, ia tidak lupa untuk mengingatkan bahwa tantangan pendidikan ke depannya akan semakin berat.

Sementara Bupati Agam Dr. Andri Warman sebagai alumni dirinya bangga dengan ITL Trisakti.

“Pada tahun 1981 Saya jadi mahasiswa AAUN Trisakti dengan berbekal jadi tukang jahit di Grogol, atas berkat Allah Andri Warman bisa jadi orang. Saya bisa jadi Bupati berkat Trisakti,” ujar Andri Warman.

Setelah itu, Dr. Ir. Kadarsah menyampaikan orasinya, dilanjut dengan pemotongan tumpeng, pemberian penghargaan dan pembacaan doa.

Selanjutnya, Senat menutup acara dengan mengetuk palu 3x dan meninggalkan ruang acara. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *