Pengajian Akbar Menyambut Bulan Ramadhan

Makassar, Perpek Media – Pada hari Jum’at tgl 2 April 2021/20 Sya’ban POSKO YATIM bekerjasama dengan Yayasan Asyifa Makassar dan Pimpinan Pusat Ikatan Dai Muda Indonesia (PP IDMI) mengadakan pengajian Akbar menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah/ 2021 Masehi,bersama para Pimpinan Pusat Ikatan Dai Muda Indonesia (PP IDMI)
di Masjid Rahmatan Lil Alamin Asyifa Tamangapa Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 menghadirkan Pembicara diantaranya:

  1. Ust Gunawan Mustaqim , S. Pd ( Pembina Yayasan lembaga Dakwah Indonesia ( YLDI) dan Pimpinan Pondok Pesantren modern Tahfizul Qur’an Mawaddah Maros)
  2. Ust Muh Irwan S.Ag M.Si MI. Kom ( Sekjen ikatan Da’i Muda Indonesia)
  3. Ust Syarifuddin Liwang,.SS, MA( Bendahara Ikatan Dai Muda Indonesia dan pembina Yayasan Asyifa serta founder Posko Yatim )
  4. Ust Ijas Muslim ,S.Sos.
    ( Ketua Ikatan Dai Muda Indonesia (IDMI) Lintas kampus)

Pada pengajian Akbar tersebut tampil. Ust M Irwan sebagai pembicara pertama mengatakan, “Persiapan yang perlu disiapkan untuk menyambut ramadhan adalah :

  1. Kesehatan
  2. Mengatur keuangan
  3. Memperbanyak sedekah
  4. Perbaiki hati

Sementara Ust Ijas sebagai pembicara ke dua mengupas tentang pentingnya Istiqamah, terutama istiqamah dengan amal kebaikan dalam menyambut ramadhan dan istiqamah mengamalkan kebaikan atau nilai-nilai Ramadhan setelah bulan ramadhan berlalu.

Di tempat yang sama, beliau (Ust Ijas) juga menjelaskan bahwa istiqamah berasal dari kata istiqaama-yastaqiimu – Istiqomah yang berarti tegak lurus.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, istiqamah diartikan sebagai sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen. Dalam terminologi akhlak, istiqamah adalah sikap teguh dalam mempertahankan keimanan dan keislaman, sekalipun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan.

Sedangkan Ust Gunawan Mustaqim sebagai pembicara ke tiga mengatakan bahwa yang perlu kita lakukan untuk menyambut ramadhan adalah
-Bayar utang puasa ( Kalla)
-Jangan bertanya kepada tukang ramal
-Mengilmui Ramadhan
-Memperbanyak istighfar ( taubat)
-Perbaiki niat
-Jaga silaturahim

  • Menjaga makanan yang halalan toyyibah

Sedangkan Ust Syarifuddin Liwang (Syarli) sebagai pemateri terakhir menguatkan para pemateri sebelumnya dan memberikan pencerahan kepada para jamaah tentang pentingnya kita bersemangat menyambut ramadhan karena bulan ramadhan adalah hadiah bagi Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam dan umat ,di mana umat -umat sebelum kita tidak diberikan bulan ramadhan dan amalan di dalamnya bahkan ada riwayat mengatakan bahwa Nabi Musa as sendiri pernah berdoa agar dijadikan umat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam hanya untuk ingin mendapatkan bulan ramadhan dan ingin beribadah di dalamnya, tetapi permintaan Nabi Musa itu tidak dikabulkan oleh Allah Subhana wataala.

Para anggota majelis ta’lim bersemangat mengikuti kegiatan tersebut dan itu bisa dibuktikan dengan berbondong-bondong datang walaupun banyak yang terlambat datang.

Kegiatan ini di akhiri dengan doa dan foto bersama dari beberapa perwakilan anggota majlis ta’lim dengan para pemateri. (Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *