Tradisi Bangunin Sahur di Desa Sumber Lor Cirebon

Cirebon, Perpek Media – Setiap tahun di bulan suci ramadhan, tradisi membangunkan sahur tidak lepas dari aksi pemuda berkeliling mengitari area pemukiman warga dengan menabuh alat pukul disetiap harinya. Berbagai daerah tentunya memiliki khas gaya tersendiri membangunkan warganya untuk mempersiapkan hidangan menu sahur sebelum waktu imsyak tiba.

Sama halnya seperti yang dilakukan oleh pemuda yang berada di wilayah RW 03 Desa Sumber Lor, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon. Sekitar 6 kelompok pemuda berpencar membangunkan sahur berkeliling mengitari pemukiman warga. Uniknya, dari masing-masing kelompok pemuda tersebut mempunyai gaya khas tersendiri.

Saat di lokasi, 3 Ramadhan 1442 terlihat kelompok pertama pada pukul 01.45 WIB menggunakan rabbana, seling beberapa menit kemudian kelompok kedua menggunakan beduk, begitu juga dengan kelompok yang ketiga dan keempat. Selanjutnya, di kelompok kelima menggunakan alat tradisional khas Jawa Barat, yakni Angklung sebagai alat membangunkan sahur. Setelah itu, kelompok keenam menggunakan beduk dengan alat pukul lainnya.

“Para pemuda ini dengan sukarela membangunkan sahur warga setiap hari selama bulan puasa” kata Rohim mantan Ketua RT 002/03 saat diwawancarai, di Sumber Lor, Kamis (15/04).

Rohim juga mengatakan, sebelumnya pada puasa tahun lalu di wilayah tersebut terdapat sekitar 12 kelompok pemuda yang membangunkan sahur. Kelompok tersebut, mayoritas dari Karang Taruna Sumber Lor, juga beberapa warga lain yang tergabung.

Video Terkait : https://www.instagram.com/p/CNqKUX9Dd8T/?igshid=57k5sd15yfia

“Cara bangunin sahur begini sudah tradisi warga sini, dari saya kecilpun sudah ada” ujar mantan RT kelahiran sekitar tahun 1974.

Warga pun sangat mengapresiasi akan aksi pemuda desa Sumber Lor yang secara sukarela membangunkan sahur disetiap bulan puasa.

Untuk diketahui, di Kabupaten Cirebon pada hari ini, Kamis 15 April 2021 memasuki hari puasa yang ke-3. Berikut jadwal puasa 3 Ramadhan 1442 H, Waktu Indonesia Barat:

  • Imsak 04:22
  • Subuh 04:32
  • Dhuha 06:11
  • Dzuhur 11:49
  • Ashar 15:08
  • Maghrib 17:48
  • Isya 18:57

(Jie)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *