Serbuan Teritorial TNI Korem 072/Pamungkas Resmi Dibuka

Magelang, Perpek Media – Serbuan Teritorial (Serter) TNI Korem 072/Pamungkas Tahun 2021 dibuka hari ini, Sabtu (29/5/2021) oleh Asrenum Panglima TNI Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto, S.E., M.M.


Upacara pembukaan dilaksanakan di Poskotis di Dusun Marangan Desa Podosoko, Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dibuka pukul 10.00 WIB tersebut mengusung tema “Dengan semangat Serter TNI kita tingkatkan kegiatan Binter secara masif guna mengatasi kesulitan rakyat di Wilayah Korem 072/Pamungkas khususnya di wilayah Kodim 0705/Magelang”.

Upacara pembukaan di Balai Desa Podosoko itu dihadiri oleh Forkopimda Tingkat I dan II, Gubernur Akmil, Danrem 072/Pamungkas, Danrindam IV/Diponegoro. Juga dihadiri Ketua PSMTI Magelang dan lebih kurang 100 tamu undangan lainnya.

Sebelumnya, Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP dalam sambutannya mengatakan, Serbuan Teritorial merupakan salah satu program TNI Angkatan Darat dalam upaya meningkatkan sekaligus memberikan pemahaman akan pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.
Untuk itu dalam kegiatan Serter di tahun 2021 yang dipusatkan di Kecamatan Candimulyo pada hari ini tidak hanya terfokus pada sasaran fisik semata. Namun tak kalah pentingnya yaitu sasaran non fisik seperti pembagian sembako penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan serta penyuluhan PPKM mikro.

“Sasaran fisik di antaranya yaitu renovasi masjid, pengecoran jalan pembangunan mushala serta pavingisasi. Sementara di Desa Paremono Kecamatan Mungkid dilaksanakan pengerasan jalan desa seluas 3826,5 meter persegi dan pembangunan talud jalan seluas 470 meter persegi,” urai Bupati Zaenal.

Zaenal Arifin mengungkapkan selaku pribadi dan atas nama pemerintah serta masyarakat Kabupaten Magelang menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kasum TNI beserta jajarannya.

“Saya berharap sinergitas dan kemanunggalan Pemerintah Daerah, TNI dan rakyat akan menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi. Sebagai upaya meringankan beban masyarakat di masa pandemi yang masih melanda di negeri kita ini. Serta mampu menumbuhkan rasa kesadaran dalam menjaga dan mencegah penularan Covid-19,” ungkapnya.

Sambutan tertulis Kasum TNI Letjend TNI Ganip Warsito, S.E., M.M yang dibacakan oleh Asrenum Panglima TNI Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto.

Disampaikan kegiatan Serbuan Teritorial TNI merupakan bagian dari pembinaan teritorial dan optimalisasi program yang telah dilaksanakan selama ini oleh TNI beserta jajarannya di wilayah-wilayah Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan pokok memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka mewujudkan ruang alat dan kondisi juang. Guna menciptakan suasana yang kondusif yang menunjang terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri khususnya di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud darma bakti TNI untuk membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan yang terjadi di wilayah serta membantu pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Serbuan Teritorial diselenggarakan dalam bentuk kegiatan fisik yang diwujudkan berupa renovasi dan pembangunan sarana prasarana dan juga kegiatan non fisik berupa kegiatan penyuluhan dan sosialisasi,” sambutnya.

Usai upacara pembukaan dilakukan pemberian paket sembako secara simbolis oleh Asrenum Panglima TNI Laksamana Muda TNI Herru Kusmanto kepada warga.
Selanjutnya, diikuti para pejabat jajaran TNI dan Forkopimda, Asrenum Panglima TNI melaksanakan penanaman pohon Kelengkeng.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan peninjauan sasaran Serter di Candimulyo. (Ikh)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *