Innalillahi, Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Jakarta, Perpek Media – Innalillahi, kabar duka! putri Presiden pertama RI Ir. Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 06.45 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Informasi meninggalnya Rachmawati ini diketahui melalui unggahan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

“Berita duka, Innalilahi wa innaillaihi rojiun, Pada 3 Juli 2021, sekira Pk. 06.45 WIB, Telah wafat Ibu Rachmawati Soekarnoputri di RSPAD,” kata Sufmi Dasco Ahmad.

Kabar meninggalnya Rachmawati dibenarkan Wasekjen Partai Gerindra Andre Rosiade. “Benar meninggal pagi ini di RSPAD,” ujar Andre seperti dikutip dari VIVA, Sabtu, (3/07/2021)

Andre mengatakan, pada 26 Juni lalu, dia sempat dikabarkan bahwa Rachmawati masuk RSPAD karena COVID-19.

Selama hidupnya, Almarhumah aktif sebagai Politisi Partai Gerindra sejak tahun 2015. Selain itu, dia merupakan Pendiri sekaligus Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bung Karno.

Almarhumah juga pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla (JK).

Kala itu Rachmawati menjabat bersama Prof. Emil Salim, Ma’ruf Amin, serta Adnan Buyung Nasution.

Diketahui, Rachmawati (Almarhumah) saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Pemilik nama lengkap Diah Pramana Rachmawati Soekarnoputri itu lahir di Jakarta, 27 September 1950.

Rachmawati Soekarnoputri merupakan anak ketiga dari lima bersaudara dari pasangan Presiden Soekarno dan Fatmawati. Dia memiliki kakak kandung; Guntur Soekarnoputra dan Megawati Soekarnoputri, sementara adiknya Sukmawati Soekarnoputri dan Guruh Soekarnoputra.

Selain itu, Rachmawati terbilang aktif berorganisasi. Almarhumah ini menjadi pengurus Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), dan Yayasan Bung Karno.

Rachmawati mendirikan Universitas Bung Karno (UBK) dan Yayasan Pendidikan Soekarno bersama beberapa tokoh seperti Yano Bolang, Simon Tiranda, dan Bagin.

Rachmawati meninggal pada usia 70 tahun, beliau lahir di Jakarta pada 27 September 1950 dari pasangan Soekarno dan Fatmawati. (Mai)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.