Capaska Dipersiapkan Jelang HUT RI Ke-76

Jakarta, Perpek Media – Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Utara menyiapkan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Indonesia. Protokol kesehatan (proskes) menjadi poin utama mulai dari proses seleksi, latihan, pengukuhan, hingga upacara pengibaran bendera pusaka.

Kepala Seksi Pemuda, Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Administrasi Jakarta Utara, Tri Mursilah mengatakan 42 Capaska dipersiapkan menjelang HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia, Selasa (17/8/2021) mendatang.

Kesiapan ini merujuk pada Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-564/M/S/TU.00.04/07/2021 Perihal Pedoman Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021, dan Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 003.1/4212/SJ Perihal Pedoman Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021.

“Capaska sudah kami persiapan sesuai dengan ketentuan yang ada. Namun jadi atau tidaknya upacara nanti tergantung keputusan dari Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara,” kata Tri saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021)

Dipastikannya, seluruh rangkaian persiapan mulai dari seleksi, latihan, pengukuhan, hingga upacara pengibaran bendera pusaka tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Protokol kesehatan meliputi penggunaan masker, penutup wajah mika (face shield), menjaga jarak, mencucti tangan, hingga uji usap Covid-19, hingga vaksinasi.

“Seperti pagi tadi mereka (42 Capaska) kami fasilitasi swab PCR (Polymerase Chain Reaction) di Puskesmas Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja. Mereka juga sudah menjalani vaksinasi dosis kedua baik yang dilakukan di Sentra Vaksinasi Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara maupun di lingkungan kediamannya masing-masing,” paparnya.

Terkait porsi latihan, Tri telah menghimbau kepada para pelatih dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Administrasi Jakarta Utara untuk meringankannya. Hal ini dimaksudkan agar Capaska tidak terlalu merasa lelah yang bisa saja berdampak pada penurunan imunitas tubuh.

“Kesiapannya sudah mencapai delapan puluh persen. Saat ini sedang intens latihan hingga nantinya mereka akan mengikuti pengukuhan dan siap bertugas sebagai pengibar bendera pusaka di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76,” tutupnya.

(*/Antoni)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.