Menggambarkan Rasa Semangat, Cinta Merilis Lagu Markisa

Jakarta, Perpek Media – Cinta Laura kembali dengan kejutan baru! Tidak banyak aktris muda Indonesia yang selain berkecimpung di dunia seni peran, juga terjun ke dunia musik, apalagi merilis single secara berkala. Salah satunya adalah Cinta Laura Kiehl. Melalui label Sony Music Entertainment Indonesia, Cinta merilis single terbarunya yang berjudul ‘Markisa’.

Markisa ternyata tidak hanya sekadar buah bagi Cinta, tetapi juga menjadi inspirasi bagi lagu barunya. Penggunaan kata ‘markisa’ sebagai judul juga memiliki cerita tersendiri. “Merupakan hal yang umum bahwa beberapa lagu pop yang populer terdiri dari satu kata yang unik atau frase di dalam lirik chorus-nya. Saat menulis lagu ini, aku sedang mencari kata yang bisa menggambarkan rasa ‘semangat’ dan yang terbayang adalah buah markisa. Tetapi, kalau menyanyikan “passion fruit” sepanjang chorus pasti kedengarannya aneh. Karena itu, aku putuskan memakai kata ‘markisa’ yang juga bisa dilafalkan “Ma Kiss ah” sehingga menambah nuansa menggoda di lagu ini,” kata Cinta menjelaskan.

Cinta tidak sendiri dalam mengerjakan lagu ini karena dibantu Eka Gustiwana (Weird Genius) dan timnya, Melissa Sudarsono serta Ganzerlana. “Untuk pembuatan lirik, aku dibantu Melissa. Penulisannya pun hanya memakan waktu dua jam. Sementara, saat proses rekaman, aku dibantu Eka yang duduk di kursi produser dan ada Ganzerlana yang merekam instrumen-instrumen musik Indonesia di lagu ini. Karena diberi kebebasan oleh Sony Music, aku jadi bisa menciptakan single ‘Markisa’ sesuai dengan yang aku inginkan,” imbuh penyanyi blasteran Indo-Jerman ini.

Setelah demo selesai di pertengahan April, Cinta segera masuk dapur rekaman untuk merekam single ini dengan bantuan Kamga dan Dhandy Annora di bagian mixing. “Aku merekam lagu ini di bulan Mei dan hanya butuh lima jam dengan bantuan dari Kamga sebagai pengarah vokal. Tetapi, prosesnya agak lama saat masuk ke bagian mixing and mastering karena aku sangat kritis tentang berbagai detail sehingga sering revisi. Saat itu, benar-benar bikin aku frustrasi karena harus bolak-balik studio untuk mendapatkan musik yang aku inginkan. Aku bahkan mendengarkan lagu ini di sepuluh speaker berbeda untuk memastikan kualitasnya tetap sama. Untunglah, kami akhirnya berhasil menyelesaikan lagu ini di pertengahan Juni. Jadi, total pengerjaannya memakan waktu dua bulan”.

Berbeda dari single-single lulusan Columbia University, New York, ini sebelumnya, ‘Markisa’ menghadirkan sesuatu yang baru dengan memasukkan musik ala Bollywood. “Sejujurnya, di single terbaru ini, aku mencampur banyak genre. Ada Bollywood, dancehall, dan pop. Ya, melodi lagu ini terinspirasi dari obsesiku terhadap musik new age Bollywood. Sebagai produser, Eka berhasil menerjemahkan ide dan inspirasiku hingga melahirkan nada seperti yang aku inginkan”.

Meski melodi bernuansa Bollywood, Cinta ternyata tetap memasukkan budaya Indonesia ke dalam single-nya melalui penggunaan instrumen musik tradisional. Beberapa di antaranya adalah kecapi Minang, saluang, dan sarunai dari Minang, sape dan vokal Kalimantan, kendang dangdut, hingga kendang Sunda. “Menurut aku, anak muda perlu mempromosikan budaya Indonesia lewat musik pop untuk memperlihatkan kepada masyarakat luas bahwa instrumen tradisional juga bisa keren dan dibuat lebih modern. Waktunya bagi kita menunjukkan kepada dunia bahwa instrumen musik khas Indonesia bisa terdengar catchy dan ikonik”.

‘Markisa’ menjadi single pertama Cinta ini di tahun 2021. Single-nya yang terakhir adalah ‘Cloud 9’ yang rilis pada April 2020 yang lalu. “Aku sudah ingin merilis single dari Agustus tahun lalu. Namun, aku percaya kalau semua yang terjadi pasti ada alasannya. Aku yakin, ada alasan yang baik kenapa sekarang adalah waktu yang tepat untuk merilis lagu”.

Tiga kata pilihan Cinta untuk menggambarkan lagu ini adalah fresh, juicy, dan flirty. “Kata “fresh” karena menarik perhatian, “juicy” karena bikin kita percaya diri dan ingin menari, serta “flirty” karena bisa diinterpretasikan dengan berbagai cara. Aku sendiri menyerahkan visualisasinya kepada pendengar, apa yang ingin mereka lihat atau dengar”.

Dengan banyaknya unsur yang dimasukkan ke dalam single ini, baik itu lokal mau pun internasional, Cinta ingin ‘Markisa’ bisa diterima oleh para pendengarnya. “Aku berharap banyak orang yang bisa dengar lagu ini, menghargai kerja keras yang aku curahkan untuk membuat lagu ini, dan bisa bangga dengan budaya yang Indonesia miliki. Aku juga ingin ‘Markisa’ menjadi single ikonik yang mampu mengangkat semangat siapa pun serta membuat mereka bahagia dan merayakan kehidupan”.

‘Markisa’, single terbaru Cinta Laura Kiehl bisa didengar di platform musik online mulai 3 September 2021. Selamat bergoyang dengan nuansa musim panas. ***

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *