Bona Siregar : Penumpang Melonjak, Layanan Di Terminal Grogol Maksimal

Jakarta, Perpek Media – Terminal Bis Grogol, Jakarta Barat, sebagai terminal pemberangkatan penumpang mudik Lebaran 2022 sudah sejak H-7 memperlihatkan lonjakan penumpang secara signifikan.

“Sampai H-4 malam sudah ada 99 bis yang diberangkatkan dengan 694 penumpang tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujar Kepala Terminal Bis Grogol, Bona Tongan Siregar, pada Jumat malam (29/4/2022) saat memantau para penumpang.

Menurut Bona, lonjakan penumpang mudik Lebaran kali ini melebihi pemudik pada tahun-tahun sebelumnya.

“Data kami memperlihatkan pada H-7 ada 54 bis diberangkatkan tujuan Purwodadi, Pekalongan, Yogja, Cilacap, dan Semarang di Jawa Tengah dan Surabaya, Jawa Timur,” jelas Bona.

Pada H-6 ada 74 bis diberangkatkan, pada H-5 (83 bis, 339 penumpang), H-4 (99 bis, 695 penumpang). Puncak lonjakan diprediksi terjadi pada Sabtu (30/4/3022).

Euforia mudik Lebaran sudah terlihat jelas di terminal-terminal bis dan kepadatan kendaraan di jalan tol.

Menurut Bona semua bis, sopir, dan penumpang yang diberangkatkan dari terminal Grogol harus memenuhi syarat yang ditetapkan pemerintah.

Kelaikan sebuah bis dicek dan ditentukan laik oleh petugas PKB. Sementara sopir dan sopir pembantu serta seluruh penumpang mendapat pemeriksaan detail dari petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Kimia Farma.

“Pengecekan kesehatan sopir bis mencakup tes urin, tekanan darah, gula darah, usia, dan sebagainya. Pengecekan penumpang dilakukan petugas UPP Kelapa Gading yang setiap hari datang ke Grogol,” kata Bona.

Di terminal ini tersedia beberapa sarana pendukung mudik seperti dua tenda ruang tunggu, peralatan kesehatan dan tenaga medis. Tersedia pula gerai vaksinasi booster bagi penumpang.

Terminal Grogol tergolong terminal bantuan lintasan antarkota dan antarprovinsi.

“Kami selaku pelaksana satuan terminal (kasatpel terminal) sudah melakukan program pendukung agenda angkutan Lebaran 2022,” ucap Bona Siregar.

Setiap penumpang yang datang ke terminal ini wajib taat protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan. Bila ada yang lupa masker, petugas Dishub akan memberi masker.

Pelayanan para petugas yang ada di terminal ini sudah sangat maksimal. Mereka tak mudik bersama keluarganya demi memberi layanan total masyarakat.

Karena itu, Bona Siregar sangat berharap para penumpang tiba dengan selamat di tempat tujuan dan rayakan Idul Fitri bersama keluarga besar mereka.

Kesetiaan seorang Bona Siregar dan seluruh petugas yang melayani mudik Lebaran 2022 perlu diapresiasi masyarakat.

Mereka bekerja dan melayani penumpang dengan kesungguhan hati disertai pengorbanan diri. (*/Rika/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.