Festival Kampung Muka di RW. 04 Ancol, Mengajak Warga Ceria Peringati HUT RI Ke 77

Jakarta, Perpek Media – Pemuda yang tergabung di Karang Taruna (Katar) unit RW. 04 penuh semangat berkolaborasi dengan Komunitas Gowes menggelar Festival Kampung Muka bertemakan “Kecerian Kita Bersama” 2022 di halaman kantor RW. 04, Kel. Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara. Minggu (28/08/2022)

Kerinduan anggota Katar RW. 04 yang sudah tak terbendung itu, akhirnya terealisasi setelah sukses mendirikan panggung mewadahi kreatifitas putra/i daerah tampil menunjukkan kemampuannya dalam bidang seni tari dan musik. Ditambah acara funbike yang menghadirkan komunitas gowes dari berbagai wilayah membuat suasana acara terlihat semakin meriah.

“Hari ini kita mengadakan festival kampung muka berkolaborasi dengan komunitas gowes Kampung muka, kita mengadakan live konser musik, bazaar UMKM, pentas seni tari, musikalisasi puisi dan funbike. Agenda kita tuh tiap tahun sebenarnya, untuk Agustus malam puncak itu selalu ada cuma kalau untuk festival Kampung muka ini baru pertama, dan semoga festival kampung muka ini bisa menjadi agenda rutin gitu tiap tahunnya buat silaturahmi antar kampung di wilayah Ancol khususnya” ujar Dadan Saefudin Ketua Karang Taruna saat diwawancarai di lokasi, Minggu (28/08)

Acara yang di mulai dari pukul 07.30 WIB sampai selesai ini, Ketua Katar 04 mengatakan selain dalam rangka HUT RI ke-77, juga sebagai upaya meningkatkan UMKM wilayah dan memperkenalkan Kampung Muka ke khalayak ramai dengan semangat kemerdekaan.

Dadan Saefudin Ketua Karang Taruna Unit RW. 04 Kelurahan Ancol

“Alhamdulillah, sejak pandemi mewabah dari tahun 2019 akhirnya pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus 2022 ini, kerinduan kami menggelar acara bisa terlaksana. Pada acara ini, ada bazaar UMKM dimana para pedagang yang mengisi stand adalah khusus warga RW. 04. Ada funbike, pelaksananya adalah komunitas gowes kampung muka yang dimana pesertanya pun diikuti oleh komunitas gowes dari Jakarta Barat, Bekasi dan daerah lainnya” ungkapnya.

Dengan mengangkat tema “Kecerian Kita Bersama” Dadan menjelaskan bahwa tema tersebut diangkat berkaitan dengan masa pandemi Covid19, “Selama pandemi ini kita murung nih, kampung muka pun pernah menjadi zona merah. Tema kecerian kita bersama ini kita ambil agar mengajak semua warga itu kembali ceria. Kita keluarga kampung muka bisa kembali berkolaborasi, bisa kembali bersilaturahmi, kita bisa membuat acara yang mungkin lebih besar dari ini atau minimal lebih baik dari ini” terangnya.

Tak hanya itu, Dadan berharap tergeraknya Katar RW. 04 menggelar Festival di wilayahnya bisa menginspirasi anak-anak muda yang di luar dari karang taruna memiliki kemauan bisa ikut serta membantu membangun Kampung Muka. “Ya jadi kita karang taruna merangkul seluruh anak muda atau komunitas-komunitas anak muda gitu. karena di kampung ini selain karang taruna banyak bendera nama-nama pemuda gitu. Kami merangkul mereka semua mengatasnamakan bendera mereka semua untuk kolaborasi agar mereka tidak ke jalur yang tidak baik” harapnya.

Dikesempatan yang sama, Dadan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat atas terlaksananya Festival Kampung Muka, dan memohon maaf bila ada kesalahan serta kekurangan.

“Saya mewakili dari karang taruna RW. 04 dan panitia mengucapkan banyak-banyak terima kasih, ribuan terima kasih untuk semua perusahaan di wilayah RW. 04 Ancol. Yang membantu seluruh stakeholder, toko masyarakat, toko agama, toko adat, yang telah membantu acara ini. Terimakasih juga buat Dinas UMKM kolaborasi dari Kelurahan juga sangat membantu kita, terima kasih untuk semua yang terlibat dari panitia karang taruna sampai ke tingkat atasnya, dan kita semua dari panitia sama karang taruna minta maaf kalau ada kesalahan” ungkap Dadan.

Di tempat yang sama, Bendahara Komunitas Gowes Kampung Muka, Suyadi mengatakan bahwa pihak Katar bersama komunitasnya itu berkolaborasi menggelar Festival Kampung Muka dalam rangka memperingati HUT RI ke 77.

“Alhamdulillah telah sepakat memperingati HUT RI yang ke 77 dan mengadakan funbike yaitu dengan rute yang terjangkau dan atas dukungannya bapak RW, bapak lurah dan bapak camat Pademangan. Alhamdulillah, beliau mendukung dalam kegiatan kita yaitu mengadakan UMKM di warga RW 04, semoga acara ini bisa mengangkat ekonomi khususnya warga RW 04. Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang ikut serta membantu” ujar Suyadi kepada awak media.

Tambahnya, menurut Suyadi perkiraan sekitar 300 peserta mengikuti funbike, “Rencana awal sekitar 600 tapi berhubung ada acara di Tugu, jadi kita dibagi. Sekitar yang hadir saat ini 300 an, itu tadi mulai dari jam setengah delapa kita muter di Lodan Pokman dan kelurahan, tol dan langsung kita muter lagi tadi di wihara ketemu kampung muka alexis langsung finish. Di kampung muka langsung bagi-bagi doorprize kurang lebih hampir 100 biji dan hadiah utama alhamdulillah yaitu berbentuk sepeda dan uang Rp. 300.000” katanya.

Lebih lanjut, Drs. Rusmin Msi lurah Ancol di tengah berlangsungnya acara mengatakan, “Hari ini tanggal 28 agustus tahun 2022 di kelurahan Ancol kita kumpul semuanya di Kampung Muka RW 04 dalam rangka rangkaian kegiatan puncak di RW 04. Puncak peringatan HUT RI yang ke 77 di mana memang di Kelurahan Ancol setiap RW-nya menggelorakan untuk memperingati semua. Kegiatan festival ini dilakukan secara kolaborasi seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kampung Muka ataupun yang ada di wilayah Kelurahan” jelasnya.

Menurut Lurah Ancol, Festival Kampung Muka sangat bagus, karena momentumnya bagaimana kita mengajak warga menjaga kesatuan persatuan dan kekompakan, “Karena modal dasar pembangunan wilayah itu adalah persatuan kesatuan, dan kita ingin bangkit biar perekonomian itu tumbuh kembang lagi, makanya kita sajikan juga event bazaar UMKM yang ada di wilayah sebanyak 50, semuanya warga yang belanja juga keluarga Kampung Muka, dan luar biasa saya dapat respon dari suku dinas UKM Jakarta Utara beliau mengucapkan terima kasih atas gerakan ini, kita ingin mengangkat generasi muda mungkin saja punya kreasi seni” paparnya.

Disamping itu, Rusmin berharap ke depannya mudah-mudahan di Kelurahan Ancol semakin kompak lagi dan kegiatan ini terus berlanjut dengan konsep-konsep yang akan disiapkan sehingga partisipasi warga Kelurahan Ancol khususnya warga Kampung Muka terhadap pembangunan pemerintah khususnya di Pemprov DKI Jakarta dengan konsep kolaborasi yang digagas oleh pak gubernur bisa semarak dan tumbuh di wilayah kami masyarakat.

“Kami atas nama jajaran Kelurahan Ancol mengucapkan terima kasih, terus kembangkan potensi-potensi yang ada di kampungmu karena Kami merasa bangga. Sangat banyak potensi-potensi yang ada di kampungmu baik dari generasi mudanya baik dari ukm-nya Karena wilayah ini sangat padat nah pada tahun ini sudah dibuktikan oleh kampung muka dengan festival ini. Semakin maju semakin kompak dan kegiatan-kegiatan positif lainnya di kemudian hari semakin disajikan untuk masyarakat” harapnya.

Drs. Rusmin Msi lurah Ancol

Sementara menurut Bahrunsyah Ketua RW 04 Kelurahan Ancol, Festival Kampung Muka ini skalanya bukan skala kegiatan RW, “Kegiatan ini skalanya lebih di atas RW, ini dengan kerja keras dengan kekompakan didukung oleh semua stakeholder. Alhamdulillah semua berjalan lancar, kerjasamanya juga terjalin bagus dan baik dengan dinas UMKM juga dengan beberapa komunitas yang ada di Jakarta Utara” pungkasnya.

Bahrun berikan tanggapan terkait Festival Kampung Muka yang dilaksanakan oleh Karang Taruna RW. 04 Kelurahan Ancol, “Nggak ada yang istimewa, hanya kita mencoba menyerap aspirasi mereka. Mereka mau punya konsep apa kalau memang kira-kira kita sanggup dan mau kerja keras kita kerjakan kegiatan selagi bermanfaat untuk warga bermanfaat untuk mereka dan bermanfaat untuk lingkungan” katanya.

Kemungkinan besar Festival Kampung Muka, Bahrun menuturkan akan coba dijadikan schedule kalender kegiatan untuk setiap tahunnya, “Nanti jadi setiap tahun akan datang, mungkin kita lebih siap lagi, karena kalau yang ini pertama kita mengadakan kerjasama dengan dinas UMKM dengan para pelaku usaha jmungkin masih banyak kekurangan di sana-sininya, tapi untuk ke depan kita akan lebih siap lagi untuk mengadakan acara seperti ini.Dengan memulai hal-hal yang kecil dari lingkungan wilayah kita akan coba menghidupkan kembali roda ekonomi untuk rakyat-rakyat kecil” tutupnya. (Mai)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.