Grand Opening Kolaborasi Usaha Kedai Aish dan Modoll

“Sistem kolaborasi merupakan sistem yang sama – sama saling menguntungkan karena setiap pemilik usaha memiliki pasarnya masing – masing, sehingga diharapkan pasarnya dari modoll juga tertarik untuk membeli produk,”

Jakarta, Perpek Media – Sebuah industri makanan khas pada umumnya berasal dari industri rumahan yang kemudian dikembangkan sedemikian rupa hingga makanan tersebut menjadi banyak dinikmati oleh masyarakat.

Usaha makanan khas cukup menjanjikan untuk dijadikan sebuah usaha yang dapat mendatangkan keuntungan bagi para pelaku usaha. Terlebih di kawasan Kemang, daerah elit ini cukup ketat persaingan untuk kuliner.

Kreatif dalam mengemas dan memilih menu adalah andalan untuk menarik para maniak wisata kuliner. Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik para penduduk lokal untuk menjadikan usaha makanan khas menjadi salah satu mata pencaharian yang dapat membantu perekonomian keluarga.

Meskipun industri makanan khas termasuk dalam industri kecil namun dapat memberikan dampak yang menguntungkan antara lain membuka lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia yang ada hingga membantu peningkatan perekonomian daerah.

Tidak dapat dipungkuri kendala yang harus dihadapi sebuah usaha industri kuliner makanan khas yaitu persaingan antar pelaku usaha. Persaingan menjadi hal lazim yang dirasakan oleh pelaku usaha sebuah industri kuliner ataupun industri lainnya.

Timbulnya suatu persaingan menjadikan setiap pelaku usaha untuk mampu bertahan dalam kerasnya persaingan pasar dan memilih strategi dalam 2 menjalankan sebuah usaha agar usaha yang dijalankan terus berjalan dan menghasilkan keuntungan.

Adalah Kedai Aish merupakan sebuah produk usaha dibidang makanan yang sebelumnya bernama aish food and beverage dan sudah memiliki NIB (nomor induk berusaha,red) yang sempat berhenti berjalan karena masa pandemi.

Kini Kedai Aish memulai lagi usahanya dengan sistem kolaborasi dengan produk minuman yaitu Modoll (Mobil Dollar Coffee and Tea).

Seperti yang disampaikan oleh Nuralifa Tuzzahra owner Kedai Aish kepada awak media pada Selasa (02/8/2022), ia menjelaskan bahwa,“Sistem kolaborasi merupakan sistem yang sama – sama saling menguntungkan karena setiap pemilik usaha memiliki pasarnya masing – masing, sehingga diharapkan pasarnya dari modoll juga tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan kedai aish begitupun sebaliknya” tutur Nuralifa Tuzzahra.

Zahra sapaan owner kedai aish juga menuturkan bahwa usaha yang sedang dirintis ini dibangung bersama – sama dengan dua tantenya.

Sambil tertawa zahra juga mengatakan, “Alhamdulillah juga sih punya suami yang men support semua hal positif yang aku lakukan, karena kan ini juga bukanya malam sampai tengah malam,” terangnya.

Adapun Lokasi tempat mereka membuka usaha ini berlamat di Jl Kemang Timur No. 69, Jakarta Selatan.

Sedangkan menu andalan Kedai Aish adalah Sate Taichan, hidangan ini bikin ngiler tentunya. Karena rasa dan sambalnya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Harganya sangat berjangkau apalagi untuk di kawasan elit kemang. Kedai Aish mematok harga hanya Rp 25.000 untuk sate taichan original dan Rp 28.000 untuk sate taichan pedas. Namun khusus grand opening pada hari selasa tanggal 2 Agustus jam 8 malam, Sate taichan hanya Rp 15.000 saja.

Kedai Aish juga menyediakan cemilan seperti roti bakar, cireng rujak yang dibuat sendiri, kentang, dan juga sosis. Harga – harga cemilan ini juga masih relatif murah, seperti menu lengkap yang bisa kita lihat dibawah ini. Sebelum berkolaborasi Mobil Dollar atau yang dikenal dengan sebutan modoll sudah berjalan selama 3 bulan, lokasi awal mereka dibilangan Cipete.

Namun karena mereka melihat peluang pasar di kemang lebih besar pangsa pasarnya, akhirnya mereka pindah tempat ke Kemang yang sedang berkolaborasi dengan kedai aish sekarang. Seperti namanya Mobil Dollar (Modoll) mereka menjajakan produk minumannya di mobil mini van yang sudah di modifikasi sedemikian rupa sehingga membentuk seperti cafe berjalan.

Seperti partner kolaborasinya, Modoll juga membandrol harga produk kopi mereka dengan harga yang relatif murah dan beraneka macam varian yang tersedia. Harga yang dibandrol untuk satu gelas kopinya Rp 18.000 sampai Rp 23.000 saja. Dari produk minuman untuk anak-anak hingga dewasa bisa menjadi pilihan yang tepat jika berkunjung ke Mobil Dollar Coffe and Tea. rasa yang disediakan bisa membuat kalian balik lagi untuk datang ke Modoll loh!

Sementara itu, Indah Syafitri sang Owner Mobil Dollar Coffe and Tea pun mengatakan bahwa,“Saya yakin rasa minuman yang di sediakan Modoll tidak dapat dilupakan jika berkunjung ke Kemang. Saya harap hasil kolaborasi dengan Kedai Aish bisa memajukan produk UMKM,” kata Indah Syafitri.

Kedai Aish pun memberikan yang terbaik bagi para pelanggan setianya, salahsatunya adalah dengan lantunan live music yang merdu. Tentunya semakin menambah suasana semakin indah dan nyaman. (*Sofi/Red).

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.