Absen Dua Tahun, Festival Condet Kembali Digelar Usung Pesan Untuk Menjaga Adat dan Budaya Betawi

Jakarta, Perpek Media – Setelah sempat terhenti selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Festival Condet kembali diadakan pada 3 – 4 September 2022, di Lapangan Sepak Bola Gedong (Rindam Jaya), Jalan Condet Raya, Jakarta Timur.

Selain menghadirkan berbagai jajanan kuliner khas Betawi, sejumlah stand yang menjual berbagai produk juga digelar. Ribuan warga dari berbagai wilayah tampak menyemut memenuhi Lapangan Rindam Jaya. Panggung megah pun didirikan yang diisi dengan berbagai lantunan lagu.

“Alhamdulillah, setelah sempat tertunda dua tahun karena pandemi, akhirnya kita bisa kembali menggelar Festival Condet yang tahun ini mengusung tema “Warna Kolaborasi”. Ini sebagai cermin keterlibatan berbagai komunitas dalam mensukseskan acara ini,” kata Ketua Panitia Festival Condet 2022 Moch. Arifin yang akrab disapa Bang Onthe ini, dalam keterangan persnya, Sabtu (3/11/2022).

Acara Festival Condet 2022, secara resmi dibuka oleh Wali Kota Jakarta Timur H. Anwar yang didampingi oleh Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad beserta istri, dan sejumlah pejabat lainnya.

Bang Onthe mengatakan, Condet memiliki bukti kesejarahan yang kuat dari zaman penjajahan. “Sejak dulu, warga Condet begitu kokoh mempertahankan nilai-nilai kebersamaan dan keagamaan, terutama dalam menghadapi kaum penjajah,” urainya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur dalam sambutannya mengatakan, kita mau setiap tahun diadakan Festival. Condet di tempat ini. “Tolong Sudin Parekraf, Kebudayaan, dan Sudin lainnya bisa membantu dan menganggarkan acara ini agar dapat terlaksana dengan baik,” ujar Anwar.

Menurutnya, ini merupakan upaya untuk mengenalkan budaya kita kepada para generasi muda. “Supaya generasi muda Betawi selalu ingat akan lagu-lagu, kuliner, dan kekhasan Budaya Betawi,” tambahnya.

Walikota Jaktim juga berharap acara ini bisa mendukung perekonomian melalui kebangkitan UMKM di wilayah Jakarta Timur. Selain itu, diupayakan pengurangan banjir di sejumlah wilayah di Jakarta Timur. Juga pengendalian Covid-19 yang terus menerus dilakukan.

Anwar menambahkan, Festival Condet juga bisa menampilkan kesejarahan yang pernah ada di wilayah ini. “Kami juga menyambut baik kolaborasi Gorontalo dan Betawi dalam acara ini,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengatakan, suatu kebanggaan bagi warga Gorontalo bisa berkolaborasi dengan Betawi. “Saya berharap kolaborasi tidak hanya di acara ini saja, tapi untuk acara-acara yang lain,” kata Fadel serata mengatakan, kolaborasi Gorontalo dan Betawi akan diadakan di 5 wilayah DKI Jakarta.

Bagi Fadel, Betawi bukan sesuatu yang asing. Bukan hanya lantaran Sang Istri Hanna Hasanah Fadel Muhammad keturunan Betawi, tapi juga dirinya memiliki kedekatan dengan ulama terkenal Betawi Habib Salim bin Djindan yang juga pernah ke Gorontalo dan bertemu Ibunda Fadel.

“Besok, sesudah sholat Ashar, akan tampil Orkes Gambus yang dibawa Ibu Hanna dengan musik-musiknya yang sangat bagus,” kata Fadel lagi.

Ditambahkannya, dengan menjaga stabilitas politik, maka ekonomi akan tumbuh. Fondasinya adalah 4 pilar yaitu, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. “Ini fondasi kuat kita di negeri ini,” tegasnya.

Festival Condet 2022 akan berlangsung selama dua hari, 3-4 September 2022. Secara khusus Bang Onthe memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. (*/Mai)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.