BPM Bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Dishub Gelar Uji Emisi Gratis Di Taman Menteng

Jakarta, Perpek Media – Hari ini, puluhan kendaraan di Lantai 3 Gedung Parkir PT. Bangun Parkir Mandiri (BPM) Taman Menteng Jakarta Pusat, Selasa (20/09/2022) telah mengikuti uji emisi gratis (tanpa dipungut biaya) sejak pagi pukul. 08.00 WIB.

Diketahui, terlaksananya uji emisi yang ditargetkan sekitar ratusan kendaraan seperti motor dan mobil ini, sekitar pukul 10.00 WIB sudah diikuti sekitar kurang lebih 50 kendaraan.

Dalam kegiatan uji emisi yang digelar oleh BPM berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta ini, juga digelar sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, kepada pengendara. Yang ditetapkan pada 22 Juli 2020 lalu.

Tiyana sebagai kordinator pencemaran dari Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, bahwasanya sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 66/2020 dalam penerapannya, pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan uji Emisi.

“Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Sert Melibatkan Ditlantas Polda Metro Jaya. Seluruh pemilik kendaraan bermotor tentunya itu wajib melakukan uji emisi, dan angka ambang batas harus sesuai yang ditetapkan” ujar Tiyana kepada awak media, Selasa (20/09)

Lebih lanjut Tiyana menerangkan, dalam pergub itu juga diatur tentang sanksi disinsentif.

“Ketika kendaraan tidak layak uji emisi, maka saat pemilik kendaraan memarkirkan kendaraannya di sebuah lokasi yang sudah ditentukan, maka akan dikenakan sanksi disinsentif yaitu pada tarif tertinggi parkir yang berlaku” jelasnya.

Kemudian, menurut Tiyana petugas kepolisian dapat menjatuhkan sanksi tilang terhadap pemilik kendaraan yang tidak melaksanakan kewajiban melakukan uji emisi gas buang, dan tidak memenuhi ambang batas emisi.

Penegakan hukum di jalan dilakukan oleh petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan mengacu kepada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 dan 286 yang dimana ancaman denda maksimalnya Rp250 ribu untuk sepeda motor, dan ancaman denda maksimal Rp500 ribu untuk mobil.

“Dengan adanya penegakan Pergub DKI Jakarta Nomor 66/2020, diharapkan kualitas udara di ibukota dapat terjaga dengan baik” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, pengendara mobil yang mengikuti uji emisi tersebut begitu antusias, “Sangat senang sekali mendapatkan informasi bahwa ada kegiatan uji emisi gratis di taman menteng ini, karena kebetulan hari ini bisa datang ke lokasi ini, untuk melakukan uji emisi gratis” ujar Puryanto.

Kegiatan uji emisi yang ditargetkan diikuti ratusan kendaraan motor dan mobil ini, dihadiri dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan dan PT Bangun Parkir Mandiri sebagai pengelola parkir di tempat tersebut. (AT)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.