Kelurahan Rawa Badak Utara Manfaatkan Lahan Terbatas Sebagai Taman Interaktif

Jakarta, Perpek Media – Beragam tanaman hias dan produktif yang tersedia di taman interaktif semakin memperindah dan menambah penghijauan di area Kantor Lurah Rawa Badak Utara. Pemanfaatan lahan terbatas menjadi taman menjadi solusi jitu dalam upaya meningkatkan penghijauan di kawasan perkotaan.

“Alhamdulillah, sejak Januari 2023 kami sudah bisa menempati Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara yang telah selesai direhab total. Lahan-lahan kosong yang ada di lingkungan kantor kelurahan kita langsung manfaatkan sebagai area penghijauan,” jelas Lurah Rawa Badak Utara, Nani saat ditemui di Kantor Lurah Rawa Badak Utara, Kamis (27/4).

Kendati berada di lahan terbatas namun tidak menyurutkan semangat dari jajaran Kelurahan Rawa Badak Utara untuk terus menciptakan penghijauan dan memperindah lingkungan Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara. “Kita usahakan pelan tapi pasti dengan membuat taman ini yang nantinya juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk berinteraksi baik itu dengan warga ataupun pegawai kelurahan,” tambahnya.

Pembuatan taman di lahan terbatas diharapkan dapat menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat. “Selain budidaya tanaman anggur, kami juga akan mencoba membudidayakan bunga sedap malam. Ini tantangan karena biasanya bunga sedap malam itu tumbuh di tempat dingin tapi kita akan coba tanam disini dan mudah-mudahan bisa berhasil,” harap Nani.

Selain pojok taman, jajaran Kelurahan Rawa Badak Utara juga menyediakan area tanaman sayuran hidroponik. “Jadi nanti ada beberapa lahan yang ukurannya tidak terlalu besar tapi kita bisa jadikan lahan interaksi atau lahan pembelajaran serta Hatinya PKK untuk mendukung kegiatan PKK Pokja III dalam pemberdayaan masyarakat. Insya Allah, nanti kita juga akan membuat aquaponik di depan Kantor Kelurahan Rawa Badak Utara,” tuturnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam upaya penghijauan lingkungan. “Semuanya bisa memanfaatkan dan memberikan contoh bahwa tidak perlu lahan yang besar untuk bercocok tanam tapi di lahan terbatas pun kita masih bisa berkreasi dalam meningkatkan penghijauan,” imbau Lurah Rawa Badak Utara. (*/Red)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *