Patroli Laut Satpolairud Polres Kepulauan Seribu: Himbau Keselamatan Berlayar dan Antisipasi Kejahatan Laut

Jakarta, Perpek Media – Satpolairud Polres Kepulauan Seribu, yang melaksanakan patroli laut dialogis di wilayah perairan Kepulauan Seribu, Rabu (15/05/2024). Menggunakan Kapal Patroli KP. VII – 40 – 203, mereka tidak hanya mengawal keamanan perairan, tetapi juga memberikan himbauan kamtibmas kepada warga dan nelayan.

Kasat Polairud Polres Kepulauan Seribu, AKP Dasiman, memimpin kegiatan patroli ini dengan fokus pada keselamatan berlayar dan antisipasi tindak kejahatan di laut. “Kami mengajak seluruh warga dan nelayan untuk selalu memprioritaskan keselamatan saat berlayar dengan menggunakan life jacket dan mempersiapkan APAR (Alat Pemadam Api Ringan),” ungkap AKP Dasiman.

Selama patroli, Satpolairud juga mengingatkan tentang bahaya illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal. “Jika menemukan tindakan illegal fishing, masyarakat dihimbau untuk segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib,” tambah AKP Dasiman.

Tak hanya itu, Satpolairud juga mengingatkan agar semua pihak tetap waspada terhadap kondisi cuaca buruk yang dapat membahayakan keselamatan pelayaran. “Jaga kamtibmas aman dan kondusif dengan selalu memperhatikan peraturan dan mematuhi himbauan dari pihak berwajib,” pesan AKP Dasiman.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, Satpolairud juga mensosialisasikan nomor call center POLRI 110 sebagai sarana untuk melaporkan kejadian atau situasi darurat di perairan. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta sinergi antara pihak kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Kepulauan Seribu. (*/Red)

Mungkin Anda Menyukai